Manfaat Daun Singkong Sebagai Obat Tradisional


Pertanianku – Daun singkong tidak hanya lezat jika diolah menjadi sayur untuk teman makan bersama nasi. Namun, tahukah Anda daun singkong memiliki manfaat yang sangat luar biasa jika sering dikonsumsi.

Manfaat Daun Singkong Sebagai Obat Tradisional

Daun singkong mengandung kalsium, zat besi, lemak, dan protein. Oleh karena itu, daun singkong juga dapat dimanfaatkan sebagai ramuan tradisional yang berkhasiat untuk kesehatan. Berikut beberapa manfaat daun singkong yang belum banyak diketahui.

Mencegah infeksi pencernaan

Manfaat daun singkong bersumber dari beberapa penelitian yang solid. Telah ditemukan bahwa daun singkong mengurangi infeksi nematoda di saluran pencernaan. Sebuah percobaan dilakukan pada kambing muda yang diberi makan diet stabil aditif fermentasi daun padi dan singkong. Ditemukan bahwa suplementasi secara drastis mengurangi gejala kutu nematodik.

Sebagai penambah protein

Daun singkong penuh lisin protein. Hal ini membuat daun singkong sempurna melawan kondisi kekurangan protein seperti kwashiorkor. Namun, tergantung pada singkong sebagai satu-satunya sumber protein dapat berbahaya jika daun singkong tidak dimasak dengan benar.

Selain itu, ada bukti yang menunjukkan daun singkong mengandung glukosida cyanogenik. Hal ini dapat menyebabkan hilangnya penglihatan dan keracunan sianida. Jadi, singkong dan daunnya harus dicuci dengan baik dan dimasak dengan tepat sebelum makan, seperti dikutip dari Stylecraze.

Memperkuat imunitas

Folat dan vitamin C ditemukan dalam daun singkong, yang sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh. Vitamin C membantu sistem kekebalan tubuh dengan menyerang inti dari virus dan bakteri, membuat mereka mati.

Vitamin C juga berperan sebagai anti-oksidan yang baik menghilangkan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas diketahui memiliki hubungan dengan kanker. Selain itu, folat membantu produksi sel-sel sehingga mencegah mutasi DNA.

Itulah beberapa manfaat daun singkong yang wajib Anda ketahui. Sudah saatnya memasukkan daun singkong pada daftar menu harian Anda.

Baca Juga:  Dahsyatnya Manfaat Belimbing Wuluh untuk Atasi Berbagai Penyakit
loading...
loading...