Manfaat Daun Sukun Mengobati Gagal Ginjal


Pertanianku – Pernahkah Anda mengosumsi buah sukun? Biasanya seseorang mengonsumsi sukun dengan cara diolah terlebih dahulu seperti dikukus atau digoreng. Sukun merupakan salah satu camilan yang menyehatkan, lho. Namun, tahukah Anda daun sukun dipercaya memiliki manfaat yang sungguh luar biasa? Ternyata, daun sukun dapat mengobati gagal ginjal. Benarkah demikian?

Gagal ginjal secara statistik kesehatan menempati peringkat ketiga dalam daftar masalah kesehatan umum setelah penyakit jantung dan kanker. Penyebab utama itu adalah karena gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat.

Ginjal memiliki fungsi utama untuk menyaring limbah dari darah. Namun, makanan berlemak dan kolesterol tinggi dari makanan yang dikonsumsi setiap hari dapat menyebabkan penyaringan ini rusak, yang pada gilirannya dapat menyebabkan gagal ginjal. Gagal ginjal sendiri tidak menampakkan gejalanya hingga kehilangan fungsinya sekitar 90%.

Manfaat daun sukun dapat dipakai sebagai bahan makanan serta mengandung beberapa zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Bahan herbal yang terkandung dalam daun sukun ini mengandung asam hidrosianat, tannin, dan flavoid. Selain itu, di dalam daun sukun juga mengandung aseticolin dan riboflavin yang mempunyai sifat recovery cukup baik untuk ginjal.

Berikut cara mengolah daun sukun sebagai obat gagal ginjal:

  • Sediakan beberapa lembar daun sukun, cuci bersih terlebih dahulu.
  • Rebus dengan air secukupnya, tunggu hingga mendidih dan usahakan daun hancur dalam air.
  • Diamkan beberapa saat hingga dingin, saring daun sukun hingga menyisakan air rebusannya saja.
  • Konsumsi dua kali sehari, sebaiknya pada pagi dan sore hari, usahakan untuk seusai makan berat.

Demikianlah manfaat daun sukun beserta cara pengolahannya menjadi ramuan. Selain untuk obat gagal ginjal, daun sukun juga dapat digunakan untuk menurunkan gula darah dalam tubuh, lho.

Baca Juga:  Makanan Berlemak Justru Perpanjang Umur, Kok Bisa?
loading...
loading...