Manfaat di Balik Kesegaran Infused Water Stroberi

PertaniankuInfused water merupakan minuman menyehatkan yang terbuat dari beragam buah-buahan segar dan beberapa rempah serta daun tanaman. Selain menyehatkan, infused water terasa lebih menyegarkan dan memiliki rasa yang berbeda daripada air putih biasa. Salah satu jenis buah yang dapat Anda jadikan infused water adalah stroberi. Infused water stroberi menyimpan beragam manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

infused water stroberi
foto: Pixabay

Potongan buah atau herbal yang ditambahkan ke dalam air mineral dapat memberikan cita rasa dan manfaat untuk kesehatan. Pada dasarnya minuman menyehatkan ini dibuat dengan cara memasukkan irisan buah atau herbal ke air putih, kemudian didiamkan selama beberapa jam hingga sari buahnya keluar dan menyatu dengan air.

Minuman ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang kurang menyukai konsumsi buah. Dengan menambahkan irisan buah ke dalam air minum, Anda bisa menikmati cita rasa buah yang berpadu dengan air putih. Selain itu, infused water juga bisa mendorong orang untuk mengonsumsi air putih. Umumnya, orang dewasa membutuhkan asupan air delapan gelas sehari untuk melancarkan metabolisme tubuh.

Buah stroberi mengandung zat gizi dan fitonutrien seperti provitamin A (karotenoid), vitamin B1, vitamin B2, vitamin, asam folat, mineral potassium atau kalium, magnesium, selenium, fosfat, asam ellagic, antosianin, flavonoid, dan serat.

Buah stroberi dapat bermanfaat sebagai antioksidan, antivirus, antikanker, antialergi, antiradang, menurunkan kadar kolesterol, mencegah stroke, menjaga ketahanan tubuh, dan mengobati gangguan saluran kemih.

Kandungan antioksidan di dalam buah stroberi tergolong lengkap karena mengandung vitamin C dan mineral selenimum serta zink. Sementara itu, kandungan asam ellagic dalam stroberi berperan mencegah kanker.

Infused water stroberi terbilang sangat mudah dibuat sendiri di rumah. Bahannya cukup buah stroberi, air mineral, dan es batu. Berikut ini ulasan lebih lengkap mengenai cara pembuatan infused water stroberi.

Baca Juga:  Manfaat Umbi Sarang Semut

Bahan-bahan:

  • 8 buah stroberi
  • 500 ml air
  • Es batu secukupnya

Cara membuat:

  • Iris stoberi.
  • Masukkan irisan buah ke air putih.
  • Tambahkan es batu. Bila tidak memiliki es batu, Anda bisa menyimpan air infused water di dalam kulkas terlebih dahulu selama 12 jam.