Manfaat di Balik Lezatnya Tempe

Pertanianku — Orang Indonesia sangat akrab dengan tempe, salah satu makanan fermentasi yang berasal dari biji-bijian. Selama ini tempe terkenal sebagai sumber protein nabati yang baik. Manfaat tempe tidak hanya itu, tetapi bisa berkhasiat sebagai obat. Berikut ini beberapa khasiat tempe yang perlu Anda ketahui. Khasiat-khasiat tersebut sudah terbukti melalui hasil pengujian dan penelitan terhadap tempe.

manfaat tempe
foto: Pertanianku

Melindungi bayi dari diare

Tempe memiliki karakteristik sebagai makanan bayi yang baik. Tempe bisa mendukung pertumbuhan fisik dan melindungi bayi dari risiko diare yang disebabkan oleh bakteri enteropatogenik. 

Bahan makanan yang murah nan lezat ini mengandung antibiotik alami. Kandungan tersebut bisa melindungi usus dan memperbaiki sistem pencernaan pada anak balita yang bermasalah. Gangguan pencernaan pada balita biasanya menyebabkan diare. 

Meningkatkan daya tahan tubuh dan membuat awet muda

Tempe bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan membuat awet muda karena mengandung senyawa isoflavin. Senyawa tersebut memiliki daya proteksi terhadap sel hati dan mencegah penyakit/gangguan jantung. 

Membuat langsing

Siapa sangka makanan yang semula terkesan murah ini bermanfaat untuk melangsingkan tubuh. Hal ini karena tempe bisa menghindari terjadinya penimbunan lemak di dalam rongga perut, ginjal, dan di bawah kulit perut. 

Mengandung asam lemak esensial

Tempe mengandung asam lemak esensial yang sangat bermanfaat untuk mencegah timbulnya penyakit jantung koroner, hipertensi, dan kanker. Tempe merupakan hasil fermentasi kapang dan mikoroorganisme lain yang tidak bersifat pathogen sehingga aman untuk kesehatan manusia. Hasil fermentasi ini mengandung vitamin B2, vitamin C, niasin, dan asam folat. 

Kandungan proteinnya lebih mudah dicerna

Adanya jamur Rhizopus oligosporus di dalam pembuatan tempe kedelai menyebabkan perubahan-perubahan kimia pada protein, lemak dan karbohidrat. Kandungan protein nabati di dalam kedelai lebih mudah dicerna setelah menjadi tempe. Selain itu, kandungan proteinnya meningkat menjadi 3–4 kali lipat.

Baca Juga:  Cara Membuat Minyak Pala

Kandungan gizi yang tinggi, rasa lezat, dan harga jual yang murah membuat makanan ini selalu memiliki banyak peminat. Bahkan, tempe sering dijadikan alternatif bagi mereka yang membutuhkan sumber protein.