Manfaat Drainase Bagi Tanaman dan Lingkungan

Pertanianku — Mungkin masih ada yang belum mengerti apa itu drainase dan apa manfaat drainase bagi tumbuhan. Nah, berikut ini akan sedikit dijelaskan mengenai pengertian drainase dan manfaatnya bagi tanaman.

manfaat drainase
Foto: Pixabay

Drainase atau yang disebut juga dengan pengatusan adalah proses pembuangan air yang dilakukan, baik secara alami maupun buatan dari permukaan atau bawah permukaan di suatu tempat.

Pembuangan ini dapat dilakukan dengan cara mengalirkan, menguras, membuang, atau mengalihkan air ke tempat-tempat tertentu. Irigasi dan drainase merupakan bagian penting dalam sistem penyediaan air di bidang pertanian.

Loading...

Saluran drainase sering disebut sebagai drainase saja. Sebab, secara teknis memang hampir semua drainase berkaitan dengan pembuatan saluran. Saluran drainase permukaan biasanya berupa parit, sedangkan untuk drainase bawah tanah disebut gorong-gorong karena berada di bawah tanah.

Dalam ilmu rekayasa sipil, drainase diartikan sebagai serangkaian bangunan air yang berfungsi untuk mengurangi atau membuang air yang berlebih dari kawasan atau lahan tertentu. Dengan begitu, lahan tersebut dapat difungsikan secara optimal sesuai dengan kepentingan.

Sementara, dalam konsep tata ruang, drainase berperan penting untuk mengatur pasokan air demi pencegahan banjir.

Manfaat drainase bagi tumbuhan

Jika Anda sering mengunjungi kawasan pertanian, Anda pasti sudah sering melihat sistem drainase yang ada di sana, misalnya saja saluran air yang berbentuk parit, berjejer sepanjang lahan seolah membentuk seperti jalan. Lalu, apa manfaat drainase bagi tumbuhan?

Ada banyak sekali manfaat dari adanya drainase bagi tumbuhan. Beberapa di antaranya menurunkan permukaan air tanah pada tingkat yang ideal sehingga tidak membuat tumbuhan mengalami kelebihan air.

Manfaat lainnya adalah mengendalikan erosi tanah. Tanah yang baik akan sangat berpengaruh terhadap tanaman yang tumbuh di atasnya. Selain itu, untuk mengurangi kelebihan air dari suatu kawasan atau lahan sehingga lahan dapat difungsikan secara maksimal.

Baca Juga:  Eksportir Pertanian Generasi Milenial Makin Bertumbuh
Loading...
Loading...