Manfaat Gadung, Umbi yang Kaya Karbohidrat

0

Pertanianku – Gadung merupakan tanaman umbi yang belum banyak dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai alternatif pangan. Kandungan karbohidratnya mencapai sekitar 29,7 gram dalam setiap 100 gram gadung segar.

Pangan alternatif seperti umbi-umbian gadung sangat potensial untuk dikembangkan. Terlebih, kandungan karbohidratnya yang tinggi dibandingkan beras. Manfaat gadung bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan gizi sumber karbohidrat. Kandungan gizi gadung berkhasiat untuk penyembuhan berbagai penyakit antara lain keputihan, kencing manis, sakit perut, nyeri empedu, nyeri haid, radang kandung empedu, dan rematik.

Namun, gadung mengandung zat beracun. Di dalam umbi gadung terdapat zat alkaloid yang disebut dioscorin (C13 H19 O2N). Apabila zat ini terkonsumsi dalam tubuh, walau dalam kadar yang rendah sekali, akan menyebabkan pusing.

Selain mengadung dioscorin, gadung juga mengandung asam sianida atau yang sering dikenal dengan HCN. Pada umumnya gadung segar mengandung kadar sianida sekitar 469 ppm. Akan tetapi, dengan cara pengolahan yang tepat kadar sianida dapat diturunkan hingga ambang batas yang aman untuk dikonsumsi.

Untuk menghilangkan racun yang ada dalam umbi gadung, dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu menggunakan abu atau kapur dan menggunakan garam, berupa pemberian garam berlapis/pemberian garam dengan cara diaduk.

Penanganan umbi gadung dengan metode tersebut dapat menurunkan HCN dalam gadung kurang lebih 1—10 mg dalam setiap kilogram yang akan diolah.

Berikut beberapa manfaat gadung yang wajib Anda ketahui.

  • Menurunkan kadar kolestrol

Bagi Anda yang memiliki gejala penyakit kolestrol, yaitu kadar kolestrol jahat yang tinggi, tanaman umbi gadung dapat membantu Anda. Gadung memiliki sifat alami yang mampu mengontrol dan menurunkan kadar kolestrol jahat di dalam tubuh sehingga aman untuk dionsumsi oleh Anda yang memiliki gangguan pada kadar kolestrol di dalam tubuh.

  • Menyembuhkan Rematik

Ternyata, meskipun beracun, tanaman gadung memiliki manfaat yang baik untuk menyembuhkan rematik. Ya, rematik merupakan salah satu jenis penyakit generatif, yang muncul seiring dengan bertambahnya usia. Dengan mengonsumsi gadung, gejala-gejala dari penyakit rematik yang sering muncul dapat dicegah dan juga dapat sembuh sehingga Anda tidak akan repot lagi berurusan dengan rematik.

  • Penambah energi dan kalori

Dengan mengonsumsi gadung, Anda akan memperoleh energi yang besar. Hal ini karena sebagai salah satu jenis umbi-umbian, gadung memiliki kandungan kalori yang tinggi. Kandungan kalori yang tinggi inilah yang dapat memberikan energi lebih bagi tubuh kita dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Selain itu, kandungan kalori pada gadung juga hampir mirip dengan kandungan kalori pada umbi-umbian lainnya seperti singkong, talas, dan juga kentang.

  • Meredakan keram perut

Gadung juga memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan lambung kita. Disinyalir bahwa gadung dapat membantu mencegah dan menyembuhkan gejala keram otot pada bagian perut. Keram pada otot bagian perut ini sangatlah mengganggu karena akan menyebabkan bagian perut menjadi sangat sakit dan juga menyiksa, serta dapat mengganggu kelancaran dari proses pencernaan di dalam tubuh.

  • Menyembuhkan luka bernanah

Gadung juga dapat membantu menyembuhkan luka bernanah. Cara yang paling mudah adalah Anda cukup menempelkan umbi gadung pada bagian luka yang bernanah. Hal ini dapat membantu mempercepat penyembuhan pada luka yang bernanah.

loading...
loading...