Manfaat Ikan Cucut untuk Manusia

Pertanianku — Ikan cucut atau Rhizoprionodon acutus merupakan jenis ikan bertulang rawan dan bertubuh pipih atau ramping. Ikan ini ada di hampir seluruh perairan Indonesia. Namun, pemanfaatan ikan cucut masih terbatas hanya untuk pelengkap tangkapan ikan laut jenis tuna. Padahal, ikan ini memiliki manfaat yang cukup menjanjikan untuk kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat ikan cucut untuk manusia.

manfaat ikan cucut
foto: news.kkp.go.id

Hati ikan

Hati ikan cucut lebih terkenal dibanding bagian-bagian tubuh ikan yang lain. Hal ini dikarenakan di dalam hati ikan cucut mengandung minyak yang kaya akan vitamin A dan kandungan skualen yang dapat dimanfaatkan untuk bidang kesehatan seperti dijadikan sebagai bahan baku obat penyakit tertentu dan bidang kecantikan.

Sirip ikan

Nilai ekonomi sirip ikan cucut terbilang cukup tinggi sehingga lebih rentan dieksploitasi karena pengambilan siripnya. Sirip ikan ini sering diolah menjadi serat-serat yang dicampur ke dalam menu campuran sup. Sup dengan sirip cucut menjadi salah satu menu unggulan yang selalu dicari oleh pelancong.

Rasa sirip cucut terkenal lezat, tidak kalah nikmat dari sirip hiu yang sering menjadi incaran para pelancong. Tak heran, permintaan sirip cucut terbilang tinggi.

Daging cucut

Ikan cucut diketahui mengandung protein dan omega-3 yang sangat baik untuk kesehatan manusia. Oleh karena itu, daging cucut dapat menjadi sumber pangan bernutrisi untuk tubuh. Daging cucut bermanfaat untuk mengoptimalkan masa pertumbuhan dan menjaga kualitas kesehatan tubuh manusia.

Namun, sayangnya, daging ikan ini kurang diminati oleh masyarakat dan lebih cenderung memilih ikan tuna dengan kandungan protein yang lebih terjamin. Pada dasarnya protein di dalam daging cucut sama-sama bermanfaat dan bisa menimbulkan efek yang baik untuk tubuh apabila dikonsumsi dengan cara yang benar, serta memerhatikan paparan merkuri pada ikan cucut yang sudah ditangkap.

Baca Juga:  Kunci Sukses Budidaya Belut

Kulit ikan

Ikan cucut tidak bersisik pipih seperti ikan jenis lainnya. Namun, kondisi kulit ikan yang demikian justru bisa dimanfaatkan untuk membuat aksesoris. Tekstur kulit ikan cucut lebih mirip dengan kulit hewan ternak sehingga bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku untuk membuat tas, jaket kulit, dan sepatu.