Manfaat Infused Water untuk Kesehatan

Pertanianku — Pada 2015 tren infused water sempat meningkat, banyak orang yang tertarik untuk mencobanya karena mudah dibuat, menyegarkan, dan kaya akan manfaat. Air infus yang terbuat dari berbagai buah dan sayur ini telah terbukti berkhasiat. Berikut ini beberapa manfaat infused water untuk kesehatan.

infused water
foto: Pixabay

Awet muda

Infused water yang terbuat dari buah-buahan seperti bluberi, blackberi, dan rasberi dapat mencegah penuaan dini. Buah-buahan tersebut mengandung antioksidan yang tinggi dan berfungsi sebagai penangkal radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini.

Mencegah pikun

Kombinasi buah-buahan seperti jeruk, apel, dengan herbal pegagan dapat meningkatkan kinerja otak atau mencegah pikun. Daun pegagan mengandung senyawa asiaticoside yang berfungsi menghambat penuaan sel saraf.

Sumber zat besi

Bunga rosela yang digunakan untuk membuat air infus dapat memperkaya kandungan zat besi lantaran 100 gram bunga rosela kering mengandung 8,98 mg zat besi. Zat besi berfungsi membawa oksigen untuk melepas tenaga dalam tubuh. Zat besi juga berpengaruh terhadap leukosit sebagai sistem imun. Kekurangan zat besi dapat meningkatkan infeksi yang diikuti dengan gangguan pada perkembangan jaringan sistem imun.

Melancarkan pembuluh darah

Infused water yang menggunakan buah semangka dapat membantu pembuluh darah menjadi lebih lancar dan bermanfaat sebagai bioviagra. Semangka juga dapat menurunkan tekanan darah. Hal ini disebabkan oleh kandungan citrulin yang membantu pelepasan senyawa Mo yang berfungsi sebagai vasolidator atau memperbesar pembuluh darah.

Menurunkan kadar kolesterol jahat

Vitamin B komplek yang didapatkan dari buah atau sayuran berfungsi untuk memproduksi energi, menjaga kesehatan fungsi saraf, pencernaan, rambut dan kuku, serta menurunkan kadar kolesterol jahat.

Mengandung serat

Infused water mengandung serat yang berasal dari kandungan serat pada buah yang dapat larut dalam air. Namun, jumlahnya tidak sebanyak ketika buah dikonsumsi secara langsung dalam keadaan segar.

Baca Juga:  Daun Pepaya Bisa Jadi Obat Kanker

Meningkatkan imun tubuh

Air infus mengandung berbagai vitamin, salah satunya vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan dan meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin C yang terkandung merupakan vitamin C yang dapat larut di dalam air.