Manfaat Ini yang Akan Didapatkan Jika Mengonsumsi Dua Buah Pisang Setiap Hari

0

Pertanianku – Buah pisang merupakan salah satu buah yang banyak dikonsumsi masyarakat. Rasanya yang manis dan lezat memiliki berbagai manfaat jika dikonsumsi secara rutin. Selain itu, buah ini juga dapat menahan rasa lapar lebih lama. Jadi, sangat dianjurkan mengonsumsi pisang ketika melakukan diet ketat.

Mengonsumsi dua buah pisang dalam sehari bisa memperbaiki kesehatan. Berikut beberapa manfaatnya:

  1. Menormalkan tekanan darah arteri

Buah pisang mengurangi tekanan darah tinggi karena mengandung sekitar 420 miligram potassium.

  1. Menurunkan berat badan

Pisang kaya akan serat, yang membuat Anda merasa cepat kenyang. Pisang juga mengandung sejenis pati yang mampu mengurangi nafsu makan dan menurunkan berat badan. Hal ini dapat mengurangi kadar gula dalam darah dan meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin. Jika sel tubuh Anda tidak peka terhadap insulin, mereka tidak dapat menyerap glukosa, dan pankreas Anda mulai memproduksinya dalam jumlah yang lebih banyak. Jadi, lemak yang menumpuk di tubuh tergantung dari insulin yang ada.

  1. Menurunkan risiko anemia

Anemia dapat menyebabkan pucat, kelelahan, dan sesak napas. Hal ini adalah hasil dari pengurangan sel darah merah dan kadar hemoglobin dalam darah.

Pisang juga mengandung banyak zat besi, yang merangsang produksi sel darah merah, mengandung vitamin B6, yang mengatur kadar glukosa darah dan membantu penderita anemia.

  1. Meningkatkan energi

Kalium yang terkandung dalam pisang melindungi otot dari kram, sedangkan karbohidrat memberi Anda energi yang cukup untuk bertahan dalam setiap aktivitas atau latihan berat yang dilakukan.

  1. Meningkatkan pencernaan

Pisang mudah dicerna dan tidak mengiritasi saluran gastro-intestinal. Selain itu, pisang juga bisa dikonsumsi saat seseorang menderita gastritis dan mulas, serta mengembalikan mineral yang hilang ketika seseorang menderita diare.

Pisang dapat memperbaiki mood Anda, karena mengandung tryptophan, yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menerima serotonin.

Rata-rata, masing-masing pisang mengandung sekitar 27 miligram magnesium. Dimana mineral ini bertanggung jawab untuk menghasilkan suasana hati yang baik dan mendapatkan tidur yang sehat.

  1. Mengandung vitamin tinggi

Pisang kaya akan vitamin B6. Rata-rata, satu pisang mengandung sekitar 20% kebutuhan vitamin B6 harian Anda. Ini membantu tubuh dalam memproduksi insulin, haemoglobin, dan asam amino yang dibutuhkan untuk menciptakan sel sehat.

Mungkin sebagian dari kita berpikir bahwa jeruk dan stroberi mengandung vitamin C dalam jumlah besar, sebenarnya pisang mengandung 15% dari itu semua.

Vitamin C adalah anti-oksidan penting yang menetralisir radikal bebas berbahaya (molekul aktif dengan elektron yang tidak mencukupi yang bisa menghancurkan sel tubuh). Tentunya ini membantu menjaga pembuluh darah tetap sehat dan juga bisa menghasilkan kolagen.

loading...
loading...