Manfaat Jagung sebagai Pengganti Nasi

Pertanianku — Saat ini sudah banyak orang yang mulai mencoba mengganti nasi sebagai makanan pokoknya dengan jagung atau sumber karbohidrat lainnya. Selain itu, pemerintah juga sedang gencar mengenalkan produk pangan selain nasi sebagai alternatif. Sebenarnya, ada banyak manfaat jagung yang dikosumsi tiap hari menggantikan nasi. Hal ini karena kandungan yang terdapat di dalamnya.

manfaat jagung
foto: Pertanianku

Jagung mengandung mineral penting seperti magnesium, seng, tembaga, besi, dan mangan. Selain itu, jagung juga mengandung serat yang cukup tinggi, vitamin B komplek, antioksidan yang baik bagi tubuh, kalori yang tinggi, dan senyawa kimiawi lainnya. Selain kaya manfaat, rasa jagung juga lezat sehingga bisa menambah nafsu makan. Berikut ini beberapa manfaat jagung untuk kesehatan tubuh.

Baik untuk ibu hamil

Jagung tidak hanya dapat memenuhi energi yang dibutuhkan oleh tubuh, tetapi juga bisa memberikan asam folat yang dapat mendorong perkembangan otak janin serta menurunkan risiko bayi lahir cacat. Itu sebabnya jagung sangat bermanfaat untuk ibu hamil.

Mencegah anemia

Jagung dapat bermanfaat mencegah anemia karena mengandung zat besi, vitamin B12, dan asam folat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Melengkapi nutrisi di dalam tubuh

Kandungan B6 yang terdapat di dalam jagung sangat dibutuhkan untuk metabolisme dan vitamin C dibutuhkan untuk meningkatkan imunitas. Selain itu, kandungan fosfor dan magnesium yang terdapat di dalamnya sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang, antioksidan zeaxanthin, dan kutein untuk kesehatan mata.

Cocok untuk diet

Kandungan serat di dalam jagung terbilang cukup tinggi sehingga dapat memberikan rasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, jagung sangat cocok dikonsumsi oleh seseorang yang sedang diet karena bisa mengontrol nafsu makan.

Aman untuk dikonsumsi

Kandungan amilosa di dalam jagung dapat dicerna lebih lama sehingga tidak meningkatkan kadar gula darah. Indeks glikemik jagung jauh lebih rendah, yaitu sekitar 55—60. Dengan begitu, jagung sangat aman dikonsumsi, terutama untuk yang sedang menderita diabetes.

Baca Juga:  Balitkabi Kembangkan Varietas Kedelai untuk Memulihkan Ekonomi Petani Kedelai