Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan Tubuh, Resep untuk Berbagai Jenis Penyakit

Pertanianku — Jahe merah memiliki rasa pedas dan bersifat hangat karena memiliki beberapa senyawa kimia seperti gingerol, minyak terbang, limonene, a-linolenic acid, aspartic, beta-sitosterol, tepung kanji caprylic acid, capsaicin, chlorogenic acid, dan farnesol. Manfaat jahe merah sendiri mampu merangsang ereksi, penghambat keluarnya enzim 5-lipoksigenase dan Siklo-oksigenase serta mampu meningkatkan aktivitas kelenjar endokrin.

manfaat jahe merah
foto: pertanianku

Manfaat jahe merah lainnya dalah memperlambat penuaan, merangsang regenerasi sel kulit, dan sebagai bahan pewangi. Jahe merah dapat diolah menjadi minuman herbal yang bisa menyembuhkan beragam jenis penyakit secara alami. Berikut ini berbagai resep minuman jahe merah.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Loading...

Cuci bersih 20 gram jahe merah, 20 gram temulawak, 20 gram lempuyang wangi, dan 10 gram biji ketumbar. Iris tipis-tipis jahe merah, temulawak, dan lempuyang wangi, lalu jemur hingga kering. Setelah kering, tumbuk halus seluruh bahan bersama ketumbar hingga menjadi bubuk, lalu simpan di dalam stoples.

Ramuan tersebut dapat diseduh dengan 1 sendok makan bubuk dengan ½ gelas air mendidih dan tambahkan satu sendok makan madu. Aduk hingga rata dan minum ramuan sebanyak 2 kali sehari dengan jumlah yang sama.

Melestarikan gairah seksual

Tumbuk hingga halus 10 gram jahe merah, 30 gram lengkuas, dan 5 gram lada. Selanjutnya, peras 1 buah mengkudu dan campurkan airnya ke dalam tumbukan jahe merah bersama 1 gelas air panas. Peras dan saring campuran bahan tersebut hingga memperoleh air ramuan.

Tambahkan 5 gram garam dapur ke dalam ramuan dan aduk hingga rata. Bagi ramuan tersebut menjadi dua bagian, untuk dibagi ke istri dan suami. Agar rasanya lebih enak, tambahkan 1 sendok makan madu.

Batuk kering

Gunakan 15 gram akar rimpang (rhizoma), lalu kunyah akar tersebut. Ambil airnya saja dan telan. Lakukan 3 kali sehari pada pagi, siang, dan sore setelah makan dengan jumlah yang sama.

Baca Juga:  Mengenal Tanaman Obat Cakar Ayam

Gatal-gatal, luka lecet, terkena duri, dan luka tikam

Haluskan 15 gram jahe, 3 siung bawang merah, lalu tempelkan ramuan tersebut di tempat yang luka. Gunakan ramuan ini secara rutin hingga luka Anda sembuh.

 

 

 

 

 

Loading...
Loading...