Manfaat Jambu Mete untuk Kesehatan Tubuh

Pertanianku — Jambu mete terkenal sebagai penghasil kacang mete yang gurih dan lezat. Kacang mete merupakan salah satu jenis kacang bernilai ekonomi tinggi. Buah ini berasal dari Brazil dan dapat tumbuh hingga setinggi 12 meter. Manfaat jambu mete terbilang cukup banyak, bisa digunakan sebagai obat herbal ataupun menjaga kesehatan tubuh.

Manfaat jambu mete
foto: Pixabay

Penyakit yang dapat disembuhkan oleh jambu mete, antara lain sembelit, kencing manis, radang tenggorokan, sariawan, rematik, digigit ular berbisa, sakit kulit, pencahar, dan pembersih mulut. Bagian yang biasa digunakan sebagai obat herbal adalah daun dan buahnya. Pasalnya, di dalam buah jambu mete terdapat vitamin, mineral, dan zat penting seperti ester, ertpene, dan asam karbolisik.

Berikut ini beberapa manfaat jambu mete untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

Menurunkan berat badan

Buah jambu mete mengandung vitamin C yang berperan dalam pembentukan asam amino L.carnitine dan bisa digunakan untuk menurunkan berat badan. Oleh karena itu, buah ini cocok untuk Anda yang sedang menjalankan program diet atau sedang menjaga berat badan.

Mencegah risiko penyakit jantung

Kandungan nutrisi di dalam jambu mete bermanfaat untuk menurunkan kadar trigliserida yang ada di dalam tubuh. Dengan begitu, risiko serangan penyakit jantung bisa diminimalisir.

Sumber energi

Kandungan tembaga di dalam jambu mete terbilang cukup tinggi dan bermanfaat sebagai sumber energi serta meningkatkan fleksibilitas pembuluh darah, sendi, dan tulang. Di dalam buah ini juga mengandung kalori.

Menjaga daya tahan tubuh

Manfaat jambu mete lainnya yang perlu Anda ketaui ialah menjaga daya tahan tubuh. Kandungan vitamin C, fenol, asam amino, dan beberapa mineral penting di dalam jambu mete berperan meningkatkan daya tahan tubuh. Manfaat ini terbilang cukup penting, apalagi di tengah pandemi kondisi tubuh harus tetap bugar agar tidak mudah terserang penyakit.

Baca Juga:  Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Panen Mangga

Meningkatkan kesehatan otot dan tulang

Buah mete diketahui kaya akan kalsium yang bermanfaat meningkatkan kesehatan otot dan tulang.


loading...