Manfaat Jamur

Pertanianku – Sejumlah studi menunjukkan bahwa jamur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat mencegah timbulnya penyakit. Jamur yang terkenal sebagai bahan obat antara lain jamur ling zhi dan maitake.

Manfaat Jamur

Manfaat jamur ling zhi sudah terkenal berabadabad lamanya, diyakini sebagai obat awet muda yang membuat manusia hidup abadi (elixir of immortality). Pakar Jepang dari Koseisho Health Departement menyebutkan bahwa jamur ling zhi mengandung germanium organik yang mampu menyerap oksigen sehingga suplai oksigen dalam darah meningkat 1,5 kali lipat. Senyawa aktif germanium organik juga berperan dalam menekan pertumbuhan sel kanker.

Kadar zat ini dalam jamur ling zhi mencapai 2.000 ppm, 4—6 kali lebih besar dibanding ginseng. Senyawa lain yang juga penting dalam jamur ling zhi adalah betaglukan yang berperan mengontrol kadar kolesterol dalam darah.

Jamur-jamur pangan yang selama ini dikonsumsi pun memiliki khasiat. Jamur tiram aman dikonsumsi karena kandungan logamnya jauh di bawah ambang batas yang ditetapkan oleh Fruit Product Order and Prevention of Food Adulteration Act pada tahun 1954.

 

Sumber: Buku Agriflo Jamur

 

Baca Juga:  Khasiat Lada untuk Kesehatan Tubuh

loading...