Manfaat Kacang Kedelai Edamame untuk Kesehatan Tubuh

PertaniankuKacang kedelai edamame terkenal sebagai makanan tradisional masyarakat Jepang yang kini disukai oleh masyarakat di seluruh dunia. Bahkan, saat ini kacang edamame sudah menjadi salah satu bahan pangan populer di Indonesia, sering dikonsumsi dalam keadaan direbus atau dijadikan sebagai campuran masakan. Tak hanya nikmat, ternyata kacang berwarna hijau ini memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh.

kacang kedelai edamame
foto: pixabay

Kacang kedelai edamame mengandung protein, lemak sehat, karbohidrat, serat, folat, vitamin (A, B, C, E, dan K), serta mineral (zat besi, magnesium, mangan, kalsium, zinc, dan kalium). Karena kandungan gizinya terbilang cukup tinggi, kacang kedelai edamame memiliki beberapa khasiat untuk tubuh, simak ulasan berikut.

Menjaga berat badan

Edamame kaya akan serat, protein, dan antioksidan yang dapat membantu seseorang yang sedang menjalankan program menjaga berat badan. Seseorang yang rajin mengonsumsi makanan berserat seperti kacang edamame terbukti mampu memiliki berat badan yang ideal. Kacang edamame juga dapat bekerja mengurangi lemak tubuh sehingga kacang lebih lama dicerna dan rasa kenyang dapat bertahan lebih lama.

Mengurangi risiko beberapa jenis penyakit

Di dalam edamame terdapat isoflavin, antioksidan yang dapat bermanfaat untuk melindungi tubuh dari risiko penyakit, seperti osteoporosis, kanker, hipertensi, dan penyakit jantung. Selain itu, edamame juga dapat menjaga kestabilan gula darah sehingga bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Menjaga kesehatan pencernaan

Edamame dapat membantu tubuh untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Riset menunjukkan bahwa kandungan serat dan protein yang tinggi pada edamame berfungsi sebagai prebiotik yang membantu pertumbuhan bakteri baik di dalam saluran pencernaan.

Menurunkan kadar kolesterol

Konsumsi edamame sebanyak 50 gram per hari dapat membantu tubuh mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Oleh karena itu, rajin konsumsi edamame membantu Anda terhindar dari risiko serangan penyakit jantung.

Baca Juga:  Balitkabi Kembangkan Varietas Kedelai untuk Memulihkan Ekonomi Petani Kedelai

Meredakan gejala menopause

Kandungan antioksidan isoflavin dan fitoestrogen di dalam edamame bermanfaat meredakan gejala hot flashes atau munculnya sensasi panas di sekitar leher, wajah, dan di bagian dada pada wanita yang sedang mengalami masa menopause.