Manfaat Kacang Merah untuk Kesehatan


Pertanianku Manfaat kacang merah sangatlah banyak termasuk untuk kesehatan. Kacang merah merupakan bahan pangan yang mudah kita jumpai. Ada begitu banyak jenis olahan yang berbahan dasar kacang merah seperti sayur, sop, atau salad.

Manfaat kacang merah
Foto: Shutterstock

Manfaat sehat yang bisa diperoleh dari kacang merah bisa Anda dapatkan mulai dari menurunkan berat badan hingga mencegah kanker. Berikut ini beberapa manfaat kacang merah yang perlu Anda ketahui, mengutip laman Hello Sehat.

  1. Melancarkan pencernaan

Salah satu kandungan yang sangat tinggi dalam kacang merah adalah serat. Setiap 100 gram kacang merah menawarkan kira-kira 13 gram serat larut dan tak larut. Serat tak larut ini paling banyak ditemukan dalam kulitnya. Sementara, serat larut banyak terkandung dalam daging kacangnya.

Selain itu, kacang merah juga mengandung pati, yaitu sejenis karbohidrat kompleks yang sifatnya mirip dengan serat larut. Di dalam usus besar, pati tersebut akan membantu perkembangan berbagai bakteri baik. Bakteri baik sangat dibutuhkan untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Kacang merah adalah sumber protein yang bebas kolesterol dan rendah lemak. Anda bisa mendapatkan kira-kira 20 gram protein dari setiap 100 gram kacang merah. Angka ini mencukupi 40% kebutuhan protein harian Anda.

Mengonsumsi kacang merah juga bisa mengendalikan tekanan darah. Sebab, kacang merah kaya akan mineral seperti folat, kalsium, magnesium, dan kalium yang mampu menekan kadar homosistein dalam di dalam darah. Homosistein merupakan salah satu zat pemicu penyakit jantung koroner.

  1. Mengendalikan nafsu makan

Konsumsi kacang merah bisa membuat Anda kenyang lebih lama karena kandungan protein, serat larut, dan karbohidrat kompleks yang ada di dalamnya. Dengan begitu, Anda pun tidak akan mudah tergoda untuk mencari camilan atau makanan lain. Untuk Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan, manfaat kacang merah yang satu ini tentu sayang sekali untuk dilewatkan.

  1. Mencegah diabetes
Baca Juga:  Manfaat Akar Alang-alang dan Cara Mengolahnya

Serat dalam kacang merah membantu menjaga agar glukosa dalam darah tidak lepas terlalu cepat. Begitu juga dengan karbohidrat kompleks dalam kacang merah. Berbeda dengan karbohidrat sederhana yang bisa larut dengan mudah, karbohidrat kompleks tidak akan menghasilkan glukosa dalam darah secepat karbohidrat sederhana. Dengan begitu, kadar gula dalam darah Anda tidak akan tiba-tiba melonjak yang memicu diabetes.

  1. Mencegah kanker

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard Medical School mengungkap bahwa pola makan yang tinggi serat bisa mencegah kanker, terutama kanker payudara. Penelitian lain di Prancis yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition membuktikan bahwa pola makan kaya serat mampu menurunkan risiko kanker prostat hampir 50%.

loading...
loading...