Manfaat Kacang Sayur untuk Kesehatan Tubuh

Pertanianku — Sayuran tidak hanya sebatas dalam bentuk daun, umbi, atau buah. Ada juga sayuran yang berbentuk kacang-kacangan dan pasti sering Anda jumpai dalam keseharian. Manfaat kacang sayur sebenarnya cukup penting bagi tubuh. Hal ini karena berperan menjadi sumber serat dan protein. Selain itu, kacang sayur mengandung gizi yang tinggi sehingga dapat memenuhi kebutuhan gizi tubuh sehari-hari.

kacang sayur
foto: Pixabay

Protein merupakan salah satu unsur penting yang harus dipenuhi setiap harinya. Protein berperan sebagai penunjang keberadaan setiap sel yang ada di dalam tubuh dan berperan penting meningkatkan kekebalan tubuh.

Biasanya, orang-orang lebih mengenal daging (hewani) sebagai sumber protein yang baik bagi tubuh. Padahal, masih ada sumber-sumber protein lain yang lebih mudah didapatkan, misalnya kacang sayur.

Kacang sayur terbilang cukup aman dikonsumsi sebagai sumber protein nabati. Berbeda halnya dengan daging yang bisa memberikan efek samping pada tubuh. Kacang sayur juga mampu menjadi sumber protein bagi vegetarian yang tidak bisa memakan daging atau untuk mereka yang sedang menjalani program diet.

Salah satu kacang sayur yang sering Anda jumpai adalah kacang panjang. Mengonsumsi 100 gram kacang panjang dalam sehari, sama saja memenuhi 15 persen kebutuhan serat harian tubuh manusia. Selain itu, kacang panjang juga mengandung pectin yang merupakan serat larut sehingga bagus untuk membantu menjaga kadar gula darah serta menjaga sistem metabolisme lemak di dalam tubuh.

Jika Anda kurang menyukai kacang panjang, masih ada jenis kacang-kacangan lain yang bisa Anda konsumsi, seperti kacang buncir, kacang tunggak, kacang jogo, kacang kepri, dan kacang polong. Tiap jenis kacang memiliki kadar gizi berbeda-beda. Akan tetapi, kacang polong merupakan kacang dengan kandungan protein paling tinggi, sekitar 25 gram. Sementara itu, kacang buncis mengandung karbohidrat paling tinggi sekitar 65 gram.

Baca Juga:  Ciri-ciri Bibit Lengkeng Matalada yang Bagus

Kelebihan lain yang bisa Anda dapatkan dari kacang-kacangan adalah rendah kalori sehingga bagus untuk Anda yang memiliki masalah kelebihan kalori. Kacang-kacangan ini juga mampu meningkatkan nafsu makan. Biasanya, kacang digunakan untuk tambahan pada olahan makanan agar terlihat lebih variatif, baik dari segi rasa, tekstur, serta penampilan.