Manfaat Kacang Tanah yang Perlu Diketahui

Pertanianku — Kacang tanah sangat mudah dijumpai karena tanaman ini sering digunakan pada beberapa jenis makanan Indonesia. Namun, ada beberapa orang yang perlu menghindari kacang tanah karena alasan kesehatan. Di balik efek samping yang bisa ditimbulkan, kacang-kacangan ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Berikut ini deretan manfaat kacang tanah yang baik untuk tubuh.

manfaat kacang tanah
foto: Pertanianku

Menjaga kekebalan tubuh

Kacang tanah mengandung kadar ariginin tinggi, yaitu asam amino yang berguna untuk mencegah serangan jantung dan kanker, meningkatkan kekebalan tubuh, memperkuat perkembangan otot, mempercepat penyembuhan luka, menyembuhkan impotensi, dan mengurangi rasa letih.

Membantu mengurangi berat badan

Kacang tanah sering digunakan oleh seorang yang tengah diet untuk menjaga berat badannya karena mengandung asam lemak jenuh yang tidak begitu tinggi. Kacang tanah dapat bermanfaat sebagai sumber tenaga yang cukup baik karena mengandung protein, minyak, dan karbohidrat.

Mengurangi risiko penyakit diabetes

Manfaat kacang tanah lain yang baik bagi tubuh ialah mengurangi risiko penyakit diabetes tipe II hingga sepertiganya. Menurut hasil penelitian di Amerika Serikat, mengonsumsi kacang tanah lima kali takaran yang dianjurkan (25 gram) atau lebih dalam satu minggu dapat mengurangi risiko terserang penyakit diabetes.

Mengandung serat alami yang tinggi

Kandungan kacang tanah lain yang bagus ialah serat alami yang terbilang cukup tinggi. Serat tersebut berperan penting dalam mengurangi risiko terkena kanker serta mengendalikan kadar kolesterol dan gula darah.

Tidak mengandung kolesterol

Kandungan lemak di dalam kacang sekitar 82 persen yang terdiri atas asam lemak tidak jenuh. Oleh karena itu, kacang tanah tidak akan menyebabkan kadar kolesterol naik, bahkan dapat membantu menurunkan sintesis kolesterol I dalam tubuh dan mengurangi kadar trigliserida di dalam darah.

Baca Juga:  Kelompok Melon yang Populer

Membuat rasa kenyang bertahan lebih lama

Indeks glikemik kacang terbilang rendah. Tenaga yang dihasilkan dari kacang tanah akan dilepaskan ke sistem peredaran darah secara berangsur-angsur dan stabil. Oleh karena itu, kadar gula darah akan naik secara perlahan sehingga membuat rasa kenyang bertahan lebih lama.

Sumber protein

Kandungan protein di dalam kacang tanah seberat 25 gram mencapai 26—28 persen. Kadar protein tersebut dapat menyumbang kebutuhan protein harian sebanyak 12 persen dari angka kecukupan gizi.