Manfaat Kangkung Ampuh Cegah Kanker

Pertanianku – Kangkung merupakan sayuran yang dapat kita temukan di Indonesia. Sayuran ini adalah satu dari sekian banyak jenis sayuran yang cukup populer karena memiliki rasa yang lezat dan nikmat. Mungkin tidak ada seorang pun yang tidak menyukai kangkung. Berbagai macam jenis olahan kangkung pun bahkan banyak tersedia di restoran, seperti tumis kangkung, plecing kangkung, dan makanan serba kangkung lainnya.

Manfaat Kangkung Ampuh Cegah Kanker

Manfaat kangkung yang besar seperti memberikan nutrisi, vitamin, dan mineral untuk menjaga kesehatan kita. Bahkan, kangkung disebut-sebut sebagai makanan yang ampuh mencegah kanker.

Loading...

Diambil dari data Food Nutrition Knoji, kangkung memiliki nutrisi yang sangat menakjubkan. Kangkung kaya akan zat besi, kalsium, dan riboflavin, termasuk vitamin yang berperan sebagai antioksidan, yaitu vitamin A dan vitamin C. Kangkung banyak mengandung karotenoid. Karotenoid adalah pigmen tumbuhan yang pada saat dicerna oleh tubuh diubah menjadi vitamin A. Karotenoid dalam kangkung adalah anti-oksidan kuat yang memiliki sifat anti-inflamasi (mencegah peradangan) dan antikanker.

Di beberapa negara Asia Tenggara, kangkung dikenal sebagai obat tradisional untuk mencegah beberapa penyakit, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, dan penyakit mata. Kandungan lutein dalam kangkung sangat penting untuk kesehatan mata. Penelitian membuktikan bahwa asupan lutein yang meningkat dapat menurunkan risiko katarak. Kangkung juga merupakan antimikroba dan anti-ulcerogenic yang dapat menyembuhkan masalah pada tukak lambung.

Penelitian yang dilakukan di India menunjukkan bahwa manfaat kangkung terdapat daun dan batang yang bersifat melawan dan menghancurkan sel kanker. Penelitian lain yang dilakukan pada 2005 menyatakan bahwa mengonsumsi kangkung dapat menghambat penyerapan glukosa sehingga baik untuk penderita diabetes. Selain itu, kangkung juga baik untuk menjaga kesehatan otak dan menjaga memori agar terhindar dari penyakit lupa (pikun).

Baca Juga:  Penyebab Benih Jagung yang Ditanam Tidak Tumbuh
Loading...
Loading...