Manfaat Kangkung yang Luar Biasa untuk Kesehatan


Pertanianku — Kangkung merupakan salah satu sayuran berdaun hijau yang populer di Indonesia. Tanaman ini biasanya ditemukan di daerah tropis dan subtropis. Di India, kangkung dikenal sebagai paani palak. Namun, sudah tahukah Anda manfaat kangkung yang luar biasa untuk kesehatan?

manfaat kangkung yang luar biasa untuk kesehatan
Shutterstock

Nah, untuk itu, berikut ini akan diulas enam manfaat kangkung bagi kesehatan tubuh, dilansir dari stylecraze.com.

  1. Mengobati anemia

Zat besi merupakan mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh, terutama oleh sel-sel darah merah untuk pembentukan hemoglobin. Kangkung kaya akan zat besi dan itu sangat bermanfaat bagi orang yang menderita anemia serta wanita hamil yang membutuhkan zat besi.

  1. Mengobati gangguan pencernaan dan sembelit

Kangkung kaya akan serat yang dapat mencegah gangguan pencernaan. Sayur ini sangat cocok bisa menjadi semacam pencahar bagi orang yang menderita gangguan pencernaan dan sembelit.

  1. Penyakit kuning dan hati

Kangkung telah lama digunakan dalam pengobatan penyakit kuning dan masalah hati. Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa ekstrak tanaman ini dapat memberikan perlindungan terhadap kerusakan hati karena memiliki sifat anti-oksidan.

  1. Mengurangi kolesterol

Kangkung adalah pilihan yang tepat bagi orang yang ingin menurunkan berat badan dan mengurangi kolesterol secara alami. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus membuktikan bahwa konsumsi kangkung dapat menurunkan kadar kolesterol serta trigliserida (salah satu jenis lemak).

  1. Antidiabetes

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi kangkung secara rutin dapat menurunkan risiko diabetes. Sayur ini juga bisa digunakan dalam pengobatan diabetes pada wanita hamil.

  1. Mencegah kanker

Mengandung 13 jenis senyawa anti-oksidan, kangkung menjadi pilihan makanan yang tepat untuk pencegahan kanker. Sayur ini juga dikatakan dapat mencegah kanker perut serta kanker kulit dan payudara.

Baca Juga:  Tips Rahasia Merawat Cabai di Musim Hujan