Manfaat Kantong Semar Sebagai Obat Herbal

Pertanianku Kantong semar merupakan tanaman yang unik karena tanaman ini akan memakan serangga yang terjebak di dalam kantungnya. Tanaman ini tumbuh memanjat dengan batang yang bulat atau berbentuk segitiga. Ternyata, di balik penampilannya yang unik, manfaat kantong semar bisa digunakan dalam dunia kesehatan untuk menyembuhkan beberapa penyakit.

kantong semar
foto: pixabay

Bagian yang dimanfaatkan dari tanaman yang memiliki nama Latin Nepenthes maxima Reinw adalah air yang berada di dalam kantung. Pada bagian dalam atas dan bawah kantung terkandung protein yang terdiri atas enzim protease. Tanaman yang memiliki kandungan tersebut kemungkinan besar adalah nephenthesin I dan nephenthesin II.

Selain digunakan dalam dunia kesehatan, manfaat kantong semar juga digunakan untuk menghiasi pekarangan rumah sebagai tanaman hias. Siapa sangka tanaman ini ternyata indah menjadi tanaman hias.

Loading...

Penyakit yang bisa diobati dari tanaman kantong semar adalah sesak napas, kerongkongan gatal, dan batuk-batuk. Cara memanfaatkan tanaman ini menjadi obat adalah dengan meminum langsung cairan yang terdapat di dalam kantung yang masih tertutup untuk menyembuhkan rasa gatal pada kerongkongan dan batuk.

Tanaman Nephentes maxima tumbuh subur di Pulau Sulawesi, Kepulauan Maluku, dan Pulau Papua. Tanaman ini bisa tumbuh dari dataran rendah hingga dataran tinggi, ketinggian yang bisa ditolerir adalah 0—2.000 mdpl.

Para pendaki pun biasanya memanfaatkan tanaman ini sebagai sumber air darurat ketika sumber air tanah sulit didapatkan. Hingga saat ini, belum ada kontraindikasi atau efek samping yang dibahas secara ilmiah mengenai konsumsi air dari kantong semar. Namun, Anda tetap tidak disarankan untuk mengonsumsinya secara berlebihan karena sesuatu yang berlebihan pasti tidak baik. Anda bisa mengonsultasikan kepada dokter atau herbalis profesional.

Baca Juga:  KKP Permudah Pelayanan Surat Izin Usaha Perikanan Melalui Online Single Submission

Ada banyak tanaman yang bisa dijadikan obat herbal, dalam buku Kitab Tumbuhan Obat mengulas 269 tanaman obat yang sering dijumpai oleh masyarakat. Dalam buku tersebut juga menjelaskan efek samping yang kemungkinan bisa terjadi sehingga memudahkan pembaca untuk menghindari kesalahan dalam penggunaan obat herbal yang berasal dari tanaman.

 

 

 

 

 

Loading...
Loading...