Manfaat Kantong Semar untuk Pengobatan

Pertanianku — Tahukah Anda? Selain dapat dijadikan tanaman hias, manfaat kantong semar juga ternyata baik untuk kesehatan bahkan bisa dijadikan sebagai obat herbal.

manfaat kantong semar
Foto: PIxabay

Awalnya, tanaman yang bernama kantong semar ini terdapat di dalam hutan yang sangat liar sehingga sulit untuk menemukannya. Oleh karena itu, masyarakat mulai melakukan pemburuan terhadap tanaman hias kantong semar yang keberadaannya mulai langka ini.

Alasan seseorang menjadikan tanaman kantong semar menjadi salah satu tanaman hias karena tanaman ini memiliki bentuk yang sangat menarik dan memiliki corak warna yang cukup unik untuk dijadikan sebagai pajangan.

Loading...

Manfaat dan kegunaan kantong semar sebagai pengobatan

Selain memiliki corak yang sangat menarik, tanaman hias yang satu ini juga memiliki kantung yang dapat membunuh serangga yang masuk ke kantung tersebut. Tanaman hias yang satu ini juga memiliki keindahan pada daun dan juga bunganya.

Bukan hanya itu saja, tanaman kantong semar juga dapat digunakan sebagai bahan dasar obat-obatan tradisional. Berbagai macam jenis penyakit juga dapat disembuhkan dengan menggunakan tanaman kantong semar.

Pengobatan penyakit dengan tanaman kantong semar

Adapun jenis penyakit yang dapat disembuhkan di antaranya batuk, sakit perut, mata, dan juga demam. Penyakit tersebut dapat dengan mudah disembuhkan hanya dengan cara mengonsumsi rebusan akar dan daun dari tanaman kantong semar.

Tetapi biasanya yang dapat digunakan sebagai obat penyembuh berbagai macam penyakit ini hanyalah jenis tanaman kantong semar yang masih muda. Jika tanaman kantong semar tersebut sudah tua, biasanya sudah tidak memiliki khasiat.

Selain itu, cairan yang ada di dalam kantong semar juga dapat digunakan sebagai obat pencegahan berbagai macam penyakit. Untuk itu, jenis tanaman yang satu ini memang cocok dinamakan sebagai tanaman yang memiliki berbagai macam manfaat. Oleh karena itu, wajar saja jenis tanaman yang satu ini sering diburu dan diperjualbelikan oleh berbagai kalangan dengan harga yang cukup mahal.

Baca Juga:  Bunga Anyelir Varietas Sitari, Bunga Cantik yang Memiliki Dua Warna
Loading...
Loading...