Manfaat Kapur Dolomit untuk Tanah

Pertanianku — Kapur pertanian menjadi salah satu bahan yang harus dipersiapkan ketika Anda sedang mengolah tanah. Kapur biasanya diberikan ke tanah yang kurang subur. Salah satu jenis kapur yang paling sering digunakan adalah kapur dolomit.

kapur dolomit
foto: Pertanianku

Kapur dolomit merupakan kapur tunggal berkadar magnesium tinggi dan baik digunakan untuk tanah perkebunan serta untuk perikanan atau tambak. Dolomit dibuat dari batuan dolomit yang dikumpulkan dari proses penambangan.

Kandungan yang sangat dibutuhkan dari kapur ini adalah kalsium (ca) dan magnesium (mg). Kapur pertanian berfungsi menurunkan aktivitas aluminium dan meningkatkan kadar pH tanah sehingga mendekati netral atau netral sekitar 6—7.

Manfaat lain yang diberikan oleh kapur pertanian adalah menetralisir senyawa-senyawa beracun, baik senyawa organik maupun nonorganik, seperti aluminium, zat besi, dan tembaga. Dengan kapur dolomit, mikoorganisme di dalam tanah bisa lebih berkembang dan aktif sehingga tanaman yang ditanam dapat tumbuh lebih subur.

Karena kondisi tanah sudah cukup baik, penyerapan zat-zat hara yang berasal dari bahan organik pupuk di dalam tanah menjadi lebih efektif dan efisien. Dengan begitu, pupuk yang Anda berikan bisa terserap lebih optimal dan persentase pupuk yang terbuang atau menguap menjadi lebih rendah.

Porositas tanah, struktur, dan sistem aerasi di dalam tanah menjadi lebih baik sehingga kondisi tanah menjadi gembur. Sirkulasi di dalam tanah menjadi lebih lancar sehingga akar bisa tumbuh dan mengisap unsur hara dari tanah dengan baik.

Lahan perkebunan yang diberikan kapur dolomit dapat menghasilkan tanaman berwarna hijau yang lebih bagus. Pasalnya, unsur-unsur di dalam kapur dapat membentuk warna daun sehingga warna yang dihasilkan menjadi lebih cerah.

Manfaat lain dari kapur dolomit yang tidak kalah penting adalah mengaktifkan berbagai jenis enzim tanaman, merangsang pembentukan senyawa lemak dan minyak serta karbohidrat.

Baca Juga:  Pesona Alpukat Ratu Puan Asal Lampung Timur

Karena kapur pertanian sudah menjadi salah satu kebutuhan yang cukup penting, Anda bisa mendapatkan kapur ini cukup mudah dengan harga yang terjangkau. Hampir semua jenis tanaman bisa menggunakan kapur ini, mulai dari tanaman pangan hingga tanaman buah.

Penggunaan dolomit harus mengikuti cara pemakaian yang biasanya tertera di balik kemasan agar dosis yang digunakan sesuai, tidak terlalu banyak atau terlalu sedikit.