Manfaat Karaginan pada Industri Nonpangan

Pertanianku — Karaginan merupakan senyawa yang termasuk polisakarida dan didapatkan dari hasil ekstrasi rumput laut. Sebagian besar karaginan mengandung natrium, magnesium, dan kalsium. Manfaat karaginan sering digunakan dalam industri pangan yang sudah sangat terkenal. Namun, ternyata manfaat karaginan juga bisa digunakan pada industri nonpangan.

manfaat karaginan
foto: pertanianku

Penggunaan manfaat karaginan pada industri nonpangan di antaranya untuk makan ternak, keramik, cat, tekstil, kertas, dan pembuatan film fotografi. Simak ulasan berikut mengenai manfaat karaginan pada industri nonpangan.

Makanan ternak

Loading...

Pet food atau pakan hewan biasanya berupa makanan dalam bentuk kaleng atau pelet. Fungsi karaginan dalam makanan ternak adalah menstabilkan dan mempertahankan komposisi dari makanan ternak. Khusus untuk pelet, bahan ini berfungsi untuk melapisi pelet sehingga udara yang ada di dalam pelet tertahan dan pelet tidak mudah tenggelam.

Selain itu, fungsi karaginan di dalam pakan ternak adalah untuk mengikat air dari dalam pelet selama masa penyimpanan dan pengangkutan.

Keramik

Karaginan memiliki kemampuan sebagai gelling point pada temperatur dan tekanan yang tinggi. Oleh karena itu, karaginan bisa dicampurkan ke dalam pelapis keramik pada pembuatan busi otomotif. Dengan menggunakan karaginan, honey comb keramik bisa dipertahankan.

Cat

Karaginan di dalam cat berfungsi untuk menstabilkan serta merekatkan cat pada permukaan dinding saat mengering. Selain itu, karaginan juga berfungsi untuk pengelmusi pada resin cat agar minyak dan air bisa tercampur sempurna.

Tekstil

Karaginan dalam bidang industri tekstil berguna untuk merekatkan benang saat ditenun. Pada saat pewarnaan benang, karaginan berfungsi untuk mencampur warna yang akan digunakan agar proses pewarnaan benang rata, tidak pecah, dan lembut.

Farmasi dan kosmetik

Karaginan pada industri farmasi dan kosmetik berfungsi sebagai suspending agent, thickener, emulsifier, stabilizer, film former, cating agent, dan gelling agent. Pada kosmetik, karaginan diguanakan untuk pembuatan sabun krim, sabun cair, sampo, losion, pasta gigi, pewarna bibir, serta beberapa produk perawatan kulit lainnya. Sementara itu, pada bidang farmasi digunakan untuk pencuci mulut.

Baca Juga:  Tortilla Rumput Laut, Produk Olahan Rumput Laut yang Lezat
Loading...
Loading...