Manfaat Kayu Manis sebagai Obat Diabetes Melitus

Pertanianku — Kayu manis sering digunakan sebagai bumbu masak untuk menambah aroma dan cita rasa pada masakan. Selain itu, rempah ini sering digunakan untuk membuat kue manis dan minuman. Kayu manis juga dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk beberapa penyakit, salah satunya diabetes melitus.

kayu manis
foto: Pixabay

Diabetes melitus atau DM sering dikenal oleh orang Indonesia dengan sebutan penyakit gula atau kencing manis. DM merupakan penyakit yang akan diderita seumur hidup. Biasanya, penyakit ini disebabkan oleh faktor genetis atau keturunan. Selain itu, DM juga bisa disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat. Salah satu gejala yang sering diderita oleh pasien adalah sering kencing dan urine yang dikeluarkan cukup banyak.

Anda dapat memanfaatkan kulit kayu manis kering secukupnya sebagai obat herbal diabetes melitus. Caranya, giling halus kulit kayu manis hingga menjadi serbuk, lalu simpan di dalam stoples. Bila ingin digunakan, ambil serbuk sebanyak 1–3 gram dan masukkan ke cangkir. Lalu seduh serbuk dengan air panas. Tutup cangkir agar minyak yang ada di dalamnya tidak menguap. Setelah dingin, minum larutan setengah jam sebelum makan. Lakukan pengobatan sebanyak 2–3 kali sehari agar pengobatan berlangsung lebih maksimal.

Kulit kayu manis mengandung minyak esensial, seperti eugenol, citral, safrole, sinamaldehid, tannin, kalsium oksalat, damar, dan zat penyamak. Rempah ini memiliki rasa yang pedas, agak manis, bersifat hangat, dan wangi.

Serbuk kayu manis bermanfaat untuk meningkatkan sensitivitas insulin sehingga menurunkan kadar glukosa di dalam darah. Oleh karena itu, serbuk rempah ini dapat digunakan untuk membantu pengobatan penderita DM tipe dua.

Selain itu, kayu manis juga berkhasiat untuk menghilangkan dingin untuk menghangatkan lambung, antirematik, pereda nyeri, peluruh kentut, dan peluruh keringat.

Baca Juga:  Langkah yang Tepat untuk Menggunakan Propolis

Rempah-rempah ini juga bisa digunakan untuk membantu pengobatan rematik, darah tinggi, dan lemak darah tinggi (hiperlipidemia).

Kayu manis terbilang cukup mudah didapatkan. Anda bisa mencari rempah ini di pasar tradisional, swalayan, warung sayur, bahkan di e-commerce.