Manfaat Kayumanis Ternyata Baik untuk Tanaman

Pertanianku — Kayumanis selain berguna sebagai penyedap rasa pada masakan juga sangat baik untuk kesehatan. Penggunaan kayumanis sebagai obat herbal sudah tak diragukan lagi. Namun, tahukah Anda? Ternyata masih ada manfaat kayumanis untuk tanaman mulai dari mengusir hama, menumbuhkan akar, hingga mengendalikan jamur.

manfaat kayumanis
Foto: Pixabay

Penasaran dengan penjelasan selengkapnya mengenai manfaat kayumanis pada tanaman tersebut? Yuk, simak ulasan berikut ini.

  1. Mengusir hama

Jika menemukan banyak semut yang mengganggu di dalam rumah atau greenhouse, Anda dapat menggunakan kayumanis untuk mengusir semut tersebut. Semut sangat tidak suka bila harus melewati atau mendekati serbuk kayumanis.

Loading...

Periksalah lubang tempat masuk hama seperti semut, lalu taburkan kayumanis di sekitar lubang tersebut. Gunakan serbuk kayumanis di bagian dalam dan bagian luar rumah. Kayumanis tidak akan membunuh semut hanya mencegah masuknya semut ke rumah dan greenhouse.

  1. Menumbuhkan akar pada stek tanaman

Salah satu cara memperbanyak tanaman adalah dengan setek, yaitu batang pohon dipotong kemudian ditanam dalam media tanam. Anda dapat menambahkan serbuk kayumanis pada potongan batang itu dengan cara menaburkan sesendok serbuk kayumanis di atas kertas tisu, lalu bungkuskan pada batang pohon yang dipotong tadi.

Tanam potongan batang di tanah atau media tanam. Kayumanis akan mempercepat pembentukan batang baru dan membantu melindungi tanaman Anda dari penyakit.

  1. Mengendalikan jamur

Pada saat penyemaian, kondisi yang lembap menyebabkan tanaman akan mudah terserang jamur. Kayumanis dapat membasmi hama jamur dan membantu proses penyemaian terbebas dari penyakit. Kayumanis juga dapat menghambat penyebaran jamur dari tanaman yang sudah tua yang sering lapuk dan ditumbuhi jamur.

Cara penggunaannya, yaitu dengan mencampurkan bubuk kayumanis dengan air hangat sampai tercampur merata, lalu biarkan semalaman. Saring campuran tersebut dan ambil cairannya, kemudian semprotkan cairan tersebut pada batang dan daun tanaman yang terkena jamur. Semprotkan juga pada tanah atau media tanam yang memiliki masalah jamur.

Baca Juga:  Tips Sukses Perpanjang Tanaman Cabai
Loading...
Loading...