Manfaat Kedelai Hitam, Rajanya Protein Tanaman yang Kaya Antioksidan

Pertanianku — Kedelai hitam atau kedelai yang berkulit biji hitam terkenal mengandung nutrisi tinggi, mengandung antioksidan, dan sering digunakan sebagai bahan baku industri makanan. Salah satu manfaat kedelai hitam adalah bahan baku dari kecap, bumbu masakan yang dapat menambahkan rasa, aroma, serta warna pada masakan menjadi lebih pekat. Nilai ekonomi bahan pangan ini masih terbilang cukup tinggi.

kedelai hitam
foto: Pixabay

Tahukah Anda, kedelai hitam bisa digunakan sebagai sumber antosianin prima karena di dalamnya terdapat Cyanidin-3-Glukosida dan Delphinidin-3-Glukosida yang cukup tinggi. Antosianin merupakan senyawa antioksidan yang sudah terbukti secara klinis dapat melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker dan penuaan dini.

Di dalam 35 kedelai kering terdapat 140 kalori, sedangkan kedelai yang dikemas dalam kaleng mengandung 120 kalori per ½ cangkir. Kedelai hitam juga mengandung lemak tak jenuh ganda sebesar 5—6 gram lemak, serat larut 2 gram, dan serat tak larut 5 gram.

Serat larut dapat membantu tubuh mencegah dan mengobati sembelit. Sementara itu, serat tak larut berfungsi menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan glukosa. Kacang kedelai hitam juga mengandung vitamin E, magnesium, dan kalsium.

Di Indonesia, kedelai hitam memang masih lebih sering diperuntukkan sebagai bahan baku pembuatan kecap karena bisa memberikan warna hitam alami pada kecap. Namun, selain kecap, kedelai hitam juga bisa digunakan untuk membuat black bean burger, tempe, marinated black soybean salad, black soybean hummus, dan instant powder.

Rasa kacang kedelai hitam terbilang cukup unik dan mengeluarkan aroma yang harum sehingga cocok dijadikan sebagai olahan makanan. Anda bisa mengolah kedelai ini menjadi susu atau sereal yang dapat dikonsumsi sebagai sarapan.

Badan Litbang Pertanian telah mengeluarkan dua varietas kedelai hitam yang diberi nama Detam 1 dan Detam 2. Kedua varietas tersebut memiliki tingkat produktivitas yang tinggi dengan kandungan protein yang tinggi. Jadi, varietas kedelai hitam tidak hanya malika, masih ada banyak varietas lain yang perlu Anda ketahui.

Baca Juga:  Bagian Tanaman Delima yang Berkhasiat