Manfaat Kefir untuk Kesehatan

Pertanianku — Menurut sejarah, kefir berasal dari daerah Pegunungan Kaukasus, Rusia bagian barat. Kefir menjadi semakin terkenal pada saat orang-orang sudah mengetahui efek manfaat kefir yang bisa menghangatkan serta menyegarkan tubuh. Selain itu, manfaat kefir lainnya juga sudah ditemukan di beberapa bidang kesehatan tubuh lainnya.

manfaat kefir
foto: http://www.litbang.pertanian.go.id/

Di Indonesia, kefir masih belum terlalu terkenal sehingga masih sedikit yang dijual di pasaran. Penjualannya masih terbatas melalui pemasaran dari rumah ke rumah atau melalui daring. Kefir merupakan minuman yang dihasilkan dari proses fermentasi terkontrol dengan menggunakan biji kefir atau kefir grains.

Karakteristik kefir sedikit berbeda dari yoghurt, produk susu yang sama-sama dihasilkan dari proses fermentasi. Kefir mengandung soda dan sedikit aroma tapai, cita rasa kefir jauh lebih segar dibanding yoghurt.

Ada dua macam kefir yang bisa ditemui, yaitu kefir bening dan kefir prima. Kefir bening merupakan cairan bening berwarna putih. Sementara itu, kefir prima memiliki tekstur seperti yoghurt.

Minuman kefir sangat mudah dibedakan dari yoghurt melalui rasa dan aroma. Kefir memiliki rasa yang lebih asam. Keunggulan kefir dibandingkan yoghurt adalah mampu meningkatkan kondisi kesehatan tubuh jauh lebih optimal. Hal tersebut dikarenakan adanya kompleksitas mikroorganisme yang berasal dari biji kefir.

Adanya kerja sama antara bakteri dan yeast tersebut akan berdampak positif terhadap fungsi fisiologis di dalam tubuh. Rajin mengonsumsi kefir dapat menghindarkan Anda dari kemungkinan obesitas, hipertensi, dan diabetes.

Selain rasa serta kandungannya, cara pembuatan kefir pada dasarnya memang sangat berbeda dari yoghurt, meskipun keduanya sama-sama menggunakan bakteri sebagai starter susu. Proses fermentasi biji kefir dapat dilakukan di suhu ruangan dan tidak memerlukan ruang inkubasi khusus sehingga pembuatannya relatif jauh lebih mudah dibuat oleh masyarakat.

Baca Juga:  Manfaat Teh Putih untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan saat Anda ingin membuat kefir sendiri. Pertama, bahan susu kambing yang digunakan harus segar. Kedua, biji kefir yang akan digunakan harus diremajakan terlebih dahulu untuk mendapatkan hasil kefir yang maksimal. Ketiga, suhu serta lamanya proses fermentasi harus dikontrol, proses penyaringan setelah fermentasi berakhir.


loading...