Manfaat Keju sebagai Sumber Protein dan Kalsium

Pertanianku — Siapa yang tidak kenal keju, salah satu olahan susu yang rasanya gurih dan sangat sering dijadikan sebagai bahan campuran makanan. Di luar negeri, keju digunakan untuk mengolah makanan gurih atau savory, sedangkan di Indonesia keju kerap dipakai untuk makanan manis. Manfaat keju tidak hanya sebatas memberikan rasa dan tekstur, tetapi bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

manfaat keju
foto: Pixabay

Keju merupakan sumber protein dan kalsium. Kandungan protein yang terdapat di dalam keju bisa mencapai 20 persen per 100 gram bahan, sedangkan di dalam susu hanya sekitar 3 persen. Sementara itu, lemak di dalam keju mencapai 20 persen sehingga keju juga bisa dijadikan sebagai sumber lemak. Oleh karena itu, agar berat badan terjaga sebaiknya jangan mengonsumsi keju secara berlebihan, idealnya keju dikonsumsi sebanyak 67 gram.

Meski dapat berperan meningkatkan jumlah lemak, keju juga mampu mencegah naiknya faktor risiko penyakit kardiovaskular seperti hiperkolesterolemia. Berdasarkan riset Patterson E. dan rekan dari Nutritional Epidemiology Institute of Enviromental Medicine, Karolinska Institute Stockholm, Swedia, menunjukkan, perempuan Swedia yang mengonsumsi lebih banyak keju memiliki risiko penyakit jantung 25 persen lebih rendah dibanding perempuan yang memakan sedikit keju.

Protein di dalam keju dapat berperan dalam perkembangan jaringan, sistem hormon, serta pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Kalsium dan protein yang terdapat di dalam keju mudah diserap oleh tubuh anak karena sudah terfermentasi.

Manfaat lain dari keju adalah kandungan probiotiknya dapat meningkatkan kandungan asam amino. Selanjutnya, asam amino dapat meningkatkan sitokin antiinflamasi IL10 yang diperlukan oleh imun tubuh.

Keju yang berpotein tinggi bisa meningkatkan sistem imun sehingga mengurangi efek peradangan. Gizi makro, elektrolit, antioksidan, dan bakteri baik hasil fermentasi yang terdapat di dalam keju baik untuk pertumbuhan otot, termasuk otot jantung.

Baca Juga:  Resep Getuk Isi Kacang Hijau

Keju berasal dari susu yang dipadatkan sehingga tinggi protein dan kalsium. Artinya, keju merupakan sumber protein lain yang cukup mudah didapatkan dan bisa diolah menjadi berbagai olahan pangan.