Manfaat Kelabang untuk Pakan Arwana

Pertanianku — Pakan arwana sangat bervariasi dan mudah didapatkan, apalagi untuk pakan hidupnya. Hewan yang bisa dijadikan pakan arwana adalah blood worm, kecoa, ulat, udang, kadal, katak, jangkrik, kelabang, dan aneka ikan hidup. Anda bisa memilih salah satu hewan yang digunakan untuk pakan sesuai dengan kebutuhan.

kelabang
foto: pixabay

Kelabang atau lipan juga sering disebut sebagai kaki seribu yang memiliki racun dan sering menyerang manusia. Namun, ternyata hewan yang berkaki banyak ini bisa digunakan sebagai pakan arwana.

Kelabang memiliki lebih dari 2.800 jenis yang tersebar di mana-mana. Scolopendra gigentea merupakan salah satu jenis kelabang yang ada di Amerika dan Scolopendra moritans berasal dari Eropa Selatan. Sementara itu, kelabang yang ada di Indonesia adalah Scolopendra subspinipes.

Loading...

Lipan yang digunakan sebagai pakan ikan arwana tidak akan menjadi media penularan penyakit. Berbeda dengan beberapa jenis hewan kecil lainnya yang berpotensi membawa penyakit untuk ikan.

Saat hewan ini dimasukkan ke akuarium, lipan akan bergerak-gerak dan gerakan tersebut menyebabkan ikan arwana menjadi bersemangat untuk memakannya. Selain itu, kelabang juga selalu berada di permukaan air. Hal ini akan memudahkan ikan arwana yang lebih sering berada di permukaan air.

Banyak yang menyebutkan lipan merupakan pakan favorit untuk ikan arwana. Pasalnya, pakan ini juga bisa meningkatkan kecerahan warna tubuh ikan.

Anda bisa menggunakan kelabang yang berasal dari perkebunan kelapa sawit. Biasanya, petani kelapa sawit di Sumatera Utara menjual hewan ini yang dikumpulkan di kebun untuk pakan ikan hias. Lipan yang dijual untuk pakan ikan hias seperti arwana biasanya sudah tidak mengandung racun sehingga cukup aman diberikan ke ikan.

Biasanya, pakan ini dijual dengan kemasan kerangkeng yang dilengkapi daun pisang kering atau sabut kelapa. Ketika ada yang beli, kelabang tersebut dimasukkan ke plastik yang sudah diberikan sedikit daun kelapa kering.

Baca Juga:  Waspada! Ikan Buntal Bisa Menyebabkan Kematian

Setelah sampai di rumah, lipan tersebut bisa disimpan di dalam kaleng bekas susu atau biskuit. Sebaiknya, jangan beli lipan terlalu berlebihan karena lipan mudah mati.

 

 

 

Loading...
Loading...