Manfaat Kelinci Pedaging yang Jarang Disadari

Pertanianku — Kelinci merupakan salah satu binatang peliharaan yang bisa juga dijadikan binatang konsumsi. Namun, jenis kelinci yang dikonsumsi berbeda dengan yang dipelihara. Permintaan untuk kedua jenis kelinci tersebut sama-sama tinggi, tak heran ternak kelinci menjadi salah satu bidang usaha yang menggiurkan. Ada banyak manfaat kelinci pedaging yang bisa dirasakan oleh peternak.

faat kelinci

manfaat kelinci
foto: pertanianku

Manfaat utama dari kelinci pedaging jelas adalah dagingnya. Namun, selain daging, peternak juga bisa memanfaatkan bagian lain untuk dijadikan produk bernilai ekonomi. Berikut ini beberapa manfaat kelinci pedaging yang bisa digunakan oleh peternak.

Loading...

Daging kelinci

Meskipun sebagian orang mengaku tidak tega memakan daging kelinci mengingat sosok kelinci yang imut dan menggemaskan, hidangan daging kelinci sudah menjadi ciri khas dari daerah tertentu. Daging kelinci memiliki rasa yang sangat khas, berbeda dengan daging hewan ternak lainnya.

Hidangan daging kelinci menjadi daya tarik wisatawan yang berkunjung ke daerah tersebut. Kini, daging kelinci sudah diolah menjadi berbagai aneka makanan, seperti bakso, nugget, dendeng, dan lainnya.

Kulit dan bulu

Kulit dan bulu dari kelinci bernilai tinggi. Teksturnya tipis, lemas, dan ringan. Kelinci jenis rex dan satin memiliki bulu yang tidak mudah rontok. Kelinci rex memiliki bulu yang seragam sama panjang seperti beludru dan halus. Sementara itu, kelinci satin memiliki bulu yang lebat, mengilap, dan panjang.

Untuk mendapatkan bulu berkualitas bagus, kelinci rex dan satin harus dipelihara di lokasi bersuhu rendah sekitar 10—16°C di ketinggian lebih dari 1.600 mdpl. Kulit dan bulu kelinci ini bisa diolah menjadi mantel, selendang, topi, boneka, sarung tangan, dan lainnya.

Kotoran kelinci

Kotoran kelinci menjadi salah satu kotoran hewan yang bisa dijadikan pupuk organik karena mengandung nutrien yang tinggi. Kotoran kelinci yang diolah menjadi pupuk organik bisa menjadi penghasilan tambahan bagi peternak kelinci sehingga manfaat kelinci yang diternakkan menjadi semakin terasa.

Baca Juga:  Penyebab Produksi Ayam Petelur Menurun dan Panen Kurang Maksimal

Selain kotoran, urine kelinci bisa dijadikan pupuk cair berkualitas untuk meningkatkan kesuburan tanah.

 

Loading...
Loading...