Manfaat Kembang Kol Baik Untuk Kesehatan


PertaniankuManfaat kembang kol tidak kalah bagusnya dengan brokoli lantaran ia pun memberikan gizi yang bernilai besar. Kembang kol yang sangat terkenal, yaitu berwarna putih walaupun sebenarnya ada jenis kembang kol yang memiliki warna lain.

manfaat kembang kol
Foto: Pixabay

Kembang kol merupakan sumber vitamin B1, B2, B3, vitamin B6, vitamin C, sebagian kecil vitamin E dan vitamin K. Selain itu, kembang kol juga mengandung mineral penting seperti mangan, kalium, fosfor, folat, magnesium, dan kalsium. Sayuran ini juga memiliki kandungan serat dan gula alami yang lebih rendah ketimbang anggota keluarga lainnya seperti brokoli.

Berikut ini beberapa manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dari kembang kol:

  1. Anti-oksidan

Bunga kol memiliki kandungan mangan, vitamin C, dan anti-oksidan yang kuat. Senyawa sehat tersebut bermanfaat untuk merangsang pembentukan enzim guna memerangi kanker, menjaga beberapa sel tubuh dari oksidasi karena stres, dan menghindari kerusakan beberapa sel yang diakibatkan oleh radikal bebas.

  1. Detoksifikasi

Sayuran seperti kembang kol sabgat penting untuk detoksifikasi tubuh. Kembang kol memiliki kandungan indole-3 carbinol, yaitu sebuah phytonutrisi yang bersama-sama dengan sulforaphane akan menolong mengaktifkan dan mengelola fungsi beberapa enzim detoksifikasi.

  1. Radiasi Ultraviolet

Hasil penelitian sudah membuktikan bahwa unsur sulforaphane pada kembang kol efisien dalam menjaga kulit dari kerusakan karena radiasi sinar ultraviolet. Sulforaphane yang terkandung dalam kembang kol ini akan menghindarkan tubuh dari kerusakan sel, kanker kulit, dan radang.

  1. Gangguan Perut

Kembang kol adalah sumber serat yang mendukung pencernaan dan menaikkan pelepasan racun dari dalam tubuh. Kehadiran sulforaphane, glucoraphanin, dan glukosinolat pada sayuran ini sangat bermanfaat untuk menjaga lapisan perut dan membantu memerangi pertumbuhan bakteri Helicobacter pylori.

Baca Juga:  Yuk, Bertanam Kecipir dan Rasakan Manfaatnya!

Selain itu, isothiocyanates di dalam kembang kol bermanfaat menghindari risiko beberapa gangguan perut seperti kanker usus besar dan sakit maag.

  1. Kesehatan Tulang

Kembang kol memiliki kandungan vitamin C yang berperan utama dalam pembuatan kolagen yang menjaga sendi dan tulang dari kerusakan karena peradangan. Namun selain itu, kembang kol pun memiliki kandungan vitamin K yang bisa membantu menghindari kehilangan massa tulang, baik pria maupun wanita.

loading...
loading...