Manfaat Kembang Turi untuk Kesehatan Bikin Takjub


Pertanianku — Sudah tahukah Anda? Manfaat kembang turi sangat baik untuk kesehatan. Bunga ini memiliki kandungan nutrisi seperti karbohidrat, protein, lemak, berbagai jenis mineral (seperti kalium, fosfor, zat besi, serta kalsium), dan juga berbagai jenis vitamin (seperti vitamin B1, B2, B6, C, serta betakaroten).

Manfaat kembang turi
Foto: Shutterstock

Kita seringkali menjumpai kembang turi dalam berbagai jenis masakan nusantara, misalnya saja dalam pecel. Lalu, apa saja manfaatnya untuk kesehatan? Simaklah ulasan berikut ini.

  1. Untuk mengobati sariawan

Seseorang yang mudah terserang sariawan adalah mereka yang kekurangan asupan vitamin C.  Untuk mengatasi gangguan ini, Anda bisa memanfaatkan kulit batang kembang turi yang diremas-remas dalam air sebagai obat kumur. Atau, bisa juga kulit batang tersebut direbus terlebih dahulu, lalu hasil rebusannya diminum.

  1. Mengobati radang tenggorokan

Kembang turi juga sangat berkhasiat untuk mengobati sakit tenggorokan seperti terjadinya peradangan. Caranya cukup mudah, yaitu dengan berkumur menggunakan air yang telah bercampur hasil remasan daun kembang turi. Lakukan hal tersebut secara rutin minimal 4 kali sehari.

  1. Membantu mengatasi gangguan disentri

Disentri dapat diatasi dengan rutin mengonsumsi ramuan herbal kulit batang kembang turi merah. Caranya, rebus kembang turi merah dengan 2 gelas air selama beberapa saat hingga air tersisa setengahnya saja. Terapi ini sebaiknya dilakukan sebanyak 2 kali sehari.

  1. Membantu mengobati keputihan

Penyebab keputihan adalah pertumbuhan jamur candida yang abnormal di dalam vagina. Untuk mengatasi hal ini, cobalah untuk rutin mengonsumsi ramuan herbal yang berasal dari daun kembang turi dan kunyit yang telah dihaluskan. Campurkan dengan air sebanyak 3/4 cangkir. Setelah tercampur, peras atau saringlah ramuan tersebut. Kemudian, minum ramuan ini minimal 2 kali sehari.

  1. Untuk mengobati batuk
Baca Juga:  Hoax Soal Air Lemon yang Bisa Sembuhkan Sakit Maag

Gangguan batuk bisa juga diatasi dengan ramuan herbal yang berasal dari kembang turi. Untuk membuat ramuannya, tumbuk halus kurang lebih segenggam daun kembang turi merah. Tambahkan perasan jeruk nipis, lalu minum ramuan tersebut.

Bisa juga dengan menumbuk halus buku-buku jari akar kembang turi, lalu ditambahkan setengah cangkir air hangat dan sedikit madu. Saring lalu konsumsi ramuan tersebut secara teratur.

  1. Untuk mengatasi demam

Untuk mengatasi demam, cobalah menumbuk halus daun kembang turi, lalu tambahkan 3/4 air hangat dan garam. Saring ramuan tersebut, lalu minum secara teratur. Sementara, untuk mengatasi demam yang disebabkan oleh penyakit cacar terutama pada anak-anak, Anda bisa menggunakan kulit kayu kembang turi dengan cara yang sama.

  1. Melancarkan ASI

Bagi ibu yang sedang menyusui, sangat dianjurkan untuk banyak mengonsumsi bagian bunga ataupun daun dari kembang turi sebagai lalapan atau ditambahkan dalam masakan lainnya. Manfaat kembang turi dipercaya dapat membantu melancarkan ASI.