Manfaat Ketan Hitam yang Sering Kali Terlewat

Pertanianku Manfaat ketan hitam tidak banyak disadari. Padahal, sumber karbohidrat yang satu ini bisa membantu tubuh lebih sehat jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Ketan hitam sendiri sebenarnya banyak diolah menjadi berbagai makanan.

Manfaat ketan hitam
Foto: pixabay

Ketan hitam biasanya dimasak menjadi bubur ketan yang diberi tambahan santan. Selain bubur, ketan hitam juga biasa dijadikan beberapa makanan tradisional. Misalnya kue talam, kue lapek bugis, bolu kukus, hingga wajik.

Di lain sisi, konsumsi ketan hitam ternyata berdampak positif bagi kesehatan, lho. Beberapa manfaat ketan hitam bagi kesehatan sebagai berikut.

Loading...

Membentuk sel dan jaringan

Selain merupakan sumber karbohidrat, ketan hitam kaya akan protein. Protein sendiri merupakan zat gizi yang penting dalam pembentukan sel dan jaringan. Oleh karena itu, konsumsi ketan hitam mampu membantu tubuh memproduksi sel dan jaringan baru.

Cegah anemia

Zat besi yang terkandung dalam ketan hitam dapat membantu mencegah anemia. Anemia sendiri merupakan penyakit yang disebabkan oleh sel darah merah yang kekurangan zat besi untuk membentuk hemoglobin. Akibatnya, oksigen tidak akan terangkut secara maksimal. Meskipun demikian, hal ini masih dikaji lebih lanjut mengenai takaran konsumsi yang dianjurkan.

Menjaga pencernaan

Ketan hitam juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Serat tersebut sangat baik bagi sistem pencernaan, khususnya usus. Selain itu, ketan hitam juga memiliki efek prebiotik yang sama baiknya untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Melawan penyakit jantung

Kandungan antosianin dalam ketan hitam dapat berperan sebagai anti-oksidan. Anti-oksidan ini bisa mengurangi kadar kolesterol jahat atau LDL (low density lipoprotein). Dengan begitu, ketan hitam bisa menurunkan risiko penyakit jantung.

Menjaga daya tahan tubuh

Ketan hitam memiliki beberapa kandungan zat gizi dan nutrisi, salah satunya adalah vitamin E. Vitamin ini mampu berperan sebagai anti-oksidan yang bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh. Vitamin E bisa melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Baca Juga:  Sistem Minapadi Indonesia Jadi Rujukan Dunia

Mencegah inflamasi

Antosianin dalam ketan hitam juga memiliki khasiat mencegah inflamasi. Selain itu, antosianin juga bisa menurunkan risiko kanker dengan mencegah masuknya zat pemicu kanker ke tubuh.

 

 

Loading...
Loading...