Manfaat Kimchi Bagi Kesehatan

Pertanianku — Jika Indonesia memiliki olahan sawi asin dan Jerman terkenal akan olahan sawi berupa sauerkraut, Korea punya kimchi. Popularitas kimchi melejit seiring dengan maraknya budaya Korea yang ditampilkan dalam bentuk K-drama ataupun K-pop. Kuliner khas Korea ini ternyata memiliki banyak keunggulan. Berikut ini manfaat kimchi yang baik diketahui sebelum mengonsumsinya.

manfaat kimchi
Foto: freepik

Manfaat kimchi yang pertama adalah dapat digunakan sebagai salah satu bahan makanan yang menunjang program diet Anda. Kimchi merupakan hasil olahan fermentasi sawi yang memiliki kandungan serat yang tinggi. Namun, kandungan kalori pada makanan ini cukup rendah. Dengan begitu, mengonsumsi kimchi dapat membantu program diet Anda.

Hasil fermentasi membuat kandungan kimchi sangat beragam. Salah satunya adalah anti-oksidan dan flavonoid dalam jumlah cukup tinggi. Kedua jenis zat ini dipercaya dapat membantu tubuh dalam menangkal masuknya sel kanker.

Loading...

Tidak hanya itu, kimchi juga memiliki kandungan bakteri baik atau probiotik yang tinggi. Lagi-lagi tidak lepas dari keberadaannya yang merupakan makanan fermentasi. Bakteri baik ini muncul dari proses fermentasi sawi sehingga menjadi kimchi yang siap konsumsi.

Manfaat kimchi bagi kesehatan pencernaan ini didukung oleh keberadaan bakteri baik tersebut. Konsumsi kimchi secara teratur dapat mengurangi berbagai masalah pencernaan. Kombinasi serat dan probiotik memang diperlukan oleh sistem pencernaan, terutama bagian usus, untuk dapat bekerja dengan maksimal.

Selain itu, kimchi juga mengandung beragam vitamin dan mineral. Keduanya berperan dalam memperlancar aliran darah. Vitamin dan mineral juga berperan dalam peningkatan sistem imun dan pertumbuhan otot. Dengan begitu, tubuh menjadi lebih kebal terhadap serangan penyakit ringan.

Kandungan lain dalam kimchi adalah allicin dan selenium. Keduanya berperan dalam pencegahan terhadap potensi stroke yang dapat diderita manusia.

Baca Juga:  Cara Mudah Membuat Rolade Ikan Lele

Kimchi dipercaya dapat digunakan sebagai salah satu makanan pengontrol kadar kolesterol dalam darah. Sinergi ini terbentuk dari adanya kandungan alicin dan selenium, yang diperoleh dari tambahan bawang putih saat melakukan fermentasi sawi tersebut.

Terakhir, manfaat kimchi juga bisa dirasakan oleh kulit tubuh. Kimchi menurunkan risiko tertular penyakit dermatitis atropik. Selain itu, kimchi juga mencegah penuaan dini dengan mengembalikan sel kulit yang kenyal.

Loading...
Loading...