Manfaat Kolostrum untuk Anak Kambing

Pertanianku — Anak kambing atau cempe yang baru lahir membutuhkan induknya sebagai pelindung sekaligus penyuplai kebutuhan nutrisi. Sumber nutrisi paling baik bagi cempe adalah susu dari induknya yang mengandung kolostrum. Ada banyak manfaat kolostrum untuk anak kambing. Oleh karena itu, jangan sampai kolostrum kambing tersebut tidak dikonsumsi oleh cempe.

kolostrum kambing
foto: Pixabay

Cempe yang baru lahir sebaiknya segera diangkat dan dipisahkan dari induknya agar cempe tidak terinjak. Cempe tersebut dibersihkan dengan handuk atau kain kering, terutama di bagian muka dan hidung untuk dihilangkan lendir yang menutupi bagian mata dan hidung.

Sebelum benar-benar meninggalkan induk, perhatikan gerak-gerik induk. Jika induk masih terlihat gelisah, bisa jadi itu merupakan pertanda bahwa masih ada cempe yang belum keluar.

Setelah dibersihkan, letakkan cempe dengan induknya untuk dijilati oleh induk. Semakin sering dijilati oleh induk, cempe akan semakin cepat berdiri dan berjalan. Cempe sudah bisa berjalan maksimal dua jam setelah dilahirkan.

Induk yang baru saja melahirkan akan mengeluarkan cairan dari ambingnya, cairan tersebut adalah kolostrum. Kolostrum sudah diproduksi di dalam tubuh induk sejak masa kebuntingan terakhir.

Ada tiga manfaat penting kolostrum untuk anak kambing yang baru saja dilahirkan. Kolostrum dapat berfungsi sebagai laksatif atau pencahar untuk membantu mengeluarkan mucus yang melapisi saluran cerna sehingga tubuh cempe dapat menyerap nutrisi yang dikonsumsi.

Kolostrum juga berfungi sebagai sumber nutrisi utama bagi kambing seperti energi. Hal ini disebabkan oleh kandungan lemak di dalam kolostrum cukup tinggi dan sangat baik bagi cempe. Cempe yang baru lahir biasanya memiliki cadangan energi relatif rendah.

Manfaat penting lainnya dari kolostrum adalah pelindung bagi cempe karena mengandung senyawa antibodi. Senyawa tersebut dapat melindungi cempe dari berbagai penyakit. Pasalnya, sistem pertahanan tubuh cempe baru bisa berkembang setelah cempe berumur tiga minggu.

Baca Juga:  Beternak Itik dengan Cara Tradisional, Untung atau Rugi?

Kolostrum bisa diberikan secara langsung ke cempe sesaat setelah dilahirkan. Pemberian ini sangat penting untuk membentuk sistem daya tahan tubuh cempe agar dapat tumbuh menjadi kambing yang sehat.

 


loading...