Manfaat Konsumsi Bayam untuk Kesehatan Tubuh

Pertanianku— Semua orang pasti sudah mengenal bayam, sayuran yang sangat mudah dijumpai di mana-mana. Mudah ditemui bukan berarti tidak berharga, justru bayam sangat bermanfaat untuk kesehatan. Manfaat bayam, di antaranya sebagai antioksidan, menjaga sistem imun tubuh, memperlancar sistem pencernaan, menjaga kesehatan ibu hamil dan menyusui, serta mengobati luka bekas gigitan hewan.

manfaat bayam
foto: Pertanianku

Antioksidan

Manfaat bayam pertama yang paling sering diincar oleh orang-orang adalah kandungan antioksidannya. Di dalam bayam merah terkandung pigmen berwarna merah. Pigmen tersebut menandakan kandungan flavonoid di dalam bayam terbilang tinggi dan berkhasiat sebagai antioksidan.

Sementara itu, pada bayam hijau terkandung klorofil yang termasuk golongan flavoniud. Kloforil tersebut berkhasiat untuk menangkal radikal bebas yang masuk ke tubuh sehingga mampu mencegah DNA sel bermutasi menjadi ganas. Jadi, mau bayam hijau atau bayam merah sama saja, sama-sama mengandung antioksidan yang baik.

Sistem imun tubuh

Di dalam bayam terkandung protein yang cukup tinggi dan beberapa kandungan penting lainnya, seperti lemak, karbohidrat, serat, mineral, vitamin, karoten, niasin, folat, amarantin, rutin, purin, tannin, dan oksalat. Seluruh kandungan tersebut membuat bayam berkhasiat untuk menjaga imun di dalam tubuh dan menjadi sumber energi yang baik bagi tubuh. Dengan begitu, tubuh jadi tidak mudah terserang oleh penyakit.

Melancarkan sistem pencernaan

Bayam termasuk sayuran yang berserat. Serat bayam sangat berguna untuk memperlancar proses pembuangan air besar. Serat dalam bayam sangat dianjurkan untuk penderita kanker usus besar, penderita kencing manis, kolesterol darah tinggi, dan seseorang yang tengah menjalani program diet.

Menjaga kesehatan ibu hamil dan menyusui

Daun bayam sering digunakan untuk membersihkan darah sehabis bersalin. Kandungan protein yang tinggi di dalam bayam sangat dibutuhkan bagi ibu hamil, menyusui, bayi, dan anak-anak.

Baca Juga:  Teknologi Budidaya Lahan Sawah Tanah Hujan Jadi Andalan di Sumba Barat Daya

Mengobati luka

Daun bayam bisa digunakan untuk mengobati luka. Caranya, giling daun dan tangkai bayam hingga halus, lalu tempelkan pada bagian yang terluka, seperti bekas gigitan lipan dan tawon. Kandungan klorofil di dalam daun bayam berkhasiat mempercepat proses penyembuhan luka.