Manfaat Konsumsi Ikan untuk Kesehatan Otak Ibu dan Janin

Pertanianku — Produk perikanan merupakan salah satu jenis makanan yang baik untuk kesehatan. Sejumlah kandungan nutrisi yang dimilikinya membuat makanan ini sangat cocok untuk dikonsumsi oleh semua orang. Manfaat konsumsi ikan juga sangat baik untuk menjaga kesehatan otak ibu dan janin.

Manfaat konsumsi ikan
Foto: Pixabay

Kandungan asam lemak omega-3 yang dapat ditemui dari beberapa jenis ikan sangat bagus untuk kesehatan otak ibu hamil dan janin yang dikandung. Melansir Health24, kandungan ini disebut bisa menurunkan risiko depresi untuk ibu hamil.

Pada janin yang dikandung, hal ini dapat meningkatkan perkembangan dan fungsi otak, menambah berat badan, serta menjadi pencegah munculnya asma.

Loading...

Sebuah penelitian di Spanyol meneliti sekitar dua ribu ibu dan bayi mereka. Penelitian dilakukan mulai trimester pertama kehamilan hingga anak berusia lima tahun.

Dari penelitian tersebut diketahui bahwa mengonsumsi ikan dengan kandungan lemak tinggi selama kehamilan mungkin memberikan sejumlah manfaat. Beberapa hal yang bisa didapat adalah meningkatnya fungsi kognitif dan perlindungan dari autisme pada bayi.

Manfaat ini disebut bisa diperoleh ketika ibu mengonsumsi sekitar tiga ons ikan setiap hari. Walaupun jumlah ini dikhawatirkan bisa membuat seseorang mengonsumsi merkuri terlalu banyak, rupanya tak terbukti. Tidak ditemui bahwa terjadi efek negatif terkait merkuri pada para ibu hamil dan bayi mereka.

Terdapat sejumlah jenis ikan yang sangat tepat untuk dikonsumsi untuk mendapat manfaat ini seperti salmon, trout, dan sardin. Walau disebut mengandung merkuri, manfaat yang bisa diperoleh dari ikan ini sangat besar dan sebaiknya tidak diabaikan.

Baca Juga:  Pasar Internasional Minati Kepiting Maluku
Loading...
Loading...