Manfaat Konsumsi Kacang Panjang Mentah


Pertanianku — Kacang panjang (vigna unguiculata sesquipedalis (L.) verdc.) merupakan sejenis tumbuhan melilit atau memanjat yang menghasilkan kacang-kacangan berwarna hijau panjang dan biasa dijadikan sayuran ataupun lalap. Nah, manfaat konsumsi kacang panjang mentah ternyata cukup banyak.

konsumsi kacang panjang
Foto: Pertanianku

Kacang panjang termasuk dalam jenis sayuran buah semusim atau berumur pendek seperti tanaman palawija lainnya. Kacang panjang memiliki kandungan protein, vitamin A, vitamin B (thiamin), besi, fosfor, kalium, vitamin C, vitamin K, folat, magnesium, dan mangan. Selain itu, dalam 100 gram kacang panjang mentah juga mengandung energi 196 kJ (47 kcal), karbohidrat 8 gram, diet serat 3,6 gram, lemak 0 gram, serta protein 3 gram.

Selain dapat dimanfaatkan sebagai lalapan ketika dimakan mentah, kacang panjang mentah juga memiliki manfaat yang berguna bagi tubuh manusia. Berikut manfaat konsumsi kacang panjang mentah.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Kacang panjang mentah memiliki kandungan vitamin K yang bagus untuk memperlancar peredaran darah dan mencegah timbulnya pengerasan pada pembuluh darah. Dengan begitu, penyakit jantung seperti penyakit jantung koroner dan gagal jantung tidak akan terjadi pada Anda.

  1. Meningkatkan stamina tubuh

Kandungan vitamin B pada kacang panjang mentah dapat membantu tubuh untuk menjadikannya selalu bugar dan sehat. Konsumsi kacang panjang mentah secara rutin dapat menghindarkan Anda dari perasaan cepat lelah, bahkan membuat tubuh menjadi segar.

  1. Mencegah osteoporosis

Kandungan vitamin K pada kacang panjang mentah sangat baik untuk tubuh dalam membantu mencegah penyakit pengeroposan tulang atau osteoporosis. Konsumsi kacang panjang mentah setidaknya dapat membantu tubuh untuk memenuhi kebutuhan harian vitamin K sebanyak 20% lebih untuk mencegah terjadinya osteoporosis.

  1. Sumber anti-oksidan

Kacang panjang mentah dapat dijadikan sebagai sumber anti-oksidan bagi tubuh dikarenakan kandungan vitamin C, mineral serta betakaroten yang dimilikinya. Konon, kacang panjang juga mengandung berbagai macam karetonoid seperti lutein, beta-karoten, violaxanthin, neoxhantin dan flavonoid seperti quercetin, kaemferol, catechin, epicathecihs, procyanidins yang semuanya telah terbukti memiliki sifat sebagai anti-oksidan. Anti-oksidan dapat membantu tubuh dalam menangkal radikal bebas agar tubuh tetap sehat.

  1. Mencegah diabetes
Baca Juga:  Manfaat Mengejutkan Daun Kersen untuk Kesehatan

Kacang panjang mentah berguna untuk mengontrol kadar gula berlebih dalam darah sehingga dapat mencegah terjadinya penyakit diabetes. Kacang panjang mentah juga memiliki kandungan kalori dan gula yang sangat rendah sehingga aman bagi Anda yang memiliki masalah dengan gula darah.