Manfaat Konsumsi Kepiting Bakau

Pertanianku Kepiting bakau merupakan salah satu sumber makanan dari laut yang terkenal kaya akan nutrisi dan mengandung omega-3 yang bagus untuk tumbuh kembang anak. Saat ini komoditas perikanan asal Indonesia banyak yang diekspor ke luar negeri karena manfaatnya untuk memenuhi kebutuhan gizi.

kepiting bakau
foto: Pixabay

Kepiting bakau atau Scyla serrate sering diekspor daging dan kulitnya sebagai bahan pangan. Keunggulan kepiting bakau sebagai bahan pangan ialah kaya akan nutrisi, kandungan lemak jenuhnya rendah, mengandung banyak protein, dan selenium.

Manfaat lain dari kepiting ini ialah sebagai bahan baku obat, kosmetik, dan pangan. Kepiting ini juga sering digunakan sebagai bahan pengawet makanan. Kepiting ini sering diekspor dalam keadaan hidup, dibekukan, atau dikemas ke dalam kaleng. Komoditas kepiting ini bukan saja kaya akan nutrisi, melainkan bernilai ekonomi cukup tinggi.

Kelestarian kepiting di alam bebas bisa dijaga dengan sistem budidaya. Peluang usaha budidaya kepiting ini cukup bagus. Selain menjadi sumber pendapatan, kegiatan usaha tersebut turut menjaga populasi kepiting bakau di alam.

Kepiting hidup di daerah estuaria, rawa, dan mangrove. Daerah-daerah tersebut sangat bagus untuk pertumbuhan kepiting karena terdapat banyak organisme kecil yang menjadi pakan alami kepiting. Selain itu, kepiting juga menyukai daerah perairan payau yang pada bagian dasarnya berlumpur dan berada di sepanjang garis pantai yang ditumbuhi oleh pohon bakau.

Kepiting mudah hidup di daerah pantai, muara sungai, dan hutan bakau dengan membuat lubang di pasir, lubang tersebut berfungsi sebagai sarang untuk berlindung dari predator. Kepiting betina yang sudah siap memijah akan pindah ke pantai untuk bertelur. Sementara itu, kepiting jantan tidak ikut kepiting betina ke pantai. Kepiting jantan pada umumnya akan tetap berada di perairan.

Baca Juga:  Kenal Lebih Dekat dengan Ikan Malong

Di Indonesia, kepiting sering diolah menjadi masakan yang lezat dan gurih, seperti dimasak dengan saus tiram, asam manis, saus padang, dan mentega. Selain itu, kepiting  juga lezat disajikan menjadi sup jagung kepiting, goreng tepung, kepiting bumbu telur asin, dan kari kepiting.