Manfaat Kulit dan Buah Apel Bagi Kesehatan Tubuh

Pertanianku — Mungkin tak pernah kita sadari bahwa kulit dari buah apel sangat bermanfaat bagi kesehatan, sedangkan biasanya kita mengupas kulit buah lalu membuangnya begitu saja. Kira-kira apa saja manfaat kulit dan buah apel untuk kesehatan. Yuk, simak ulasannya berikut ini.

manfaat kulit dan buah apel
Foto: Pixabay

Manfaat kulit buah apel

Tahukah Anda, kulit apel dapat mencegah dan mengobati diabetes karena kandungan zat alami asam ursolat pada kulit apel mampu meningkatkan pembakaran kalori otot rangka dan juga lemak cokelat. Dengan begitu, dapat meningkatkan pembakaran kalori dalam tubuh.

Tujuan dari pembakaran kalori ini adalah dapat mencegah obesitas, pradiabetes, dan hati berlemak sehingga mengurangi risiko dan penyakit diabetes yang berat.

Kulit apel juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi). Sebab, kandungan flavonoid pada kulit apel dapat menghambat dan mengatasi ACE, yaitu penyakit yang menimbulkan tekanan darah tinggi.

Manfaat buah apel

Sementara itu, manfaat buah apel untuk kesehatan yakni mampu menjaga saluran pencernaan. Kandungan ekstrak buah apel mampu menurunkan gangguan sistem pencernaan. Buah apel mampu menurunkan kanker usus sebesar 43 persen. Memakan apel secara teratur dapat mencegah terkena serangan kanker payudara, khususnya wanita.

Kandungan anti-oksidan dari buah apel ini bermanfaat juga melindungi hati dan segala penyakit yang menyerang seperti penyakit kanker. Serat yang terkandung dalam buah ini dapat mengurangi kolesterol yang berlebihan. Mengonsumsi dua buah apel setiap harinya mampu mengurangi kolesterol.

Apel juga baik untuk penderita diabetes. Sebab, apel memiliki kandungan untuk menetralisir kadar gula yang tinggi sehingga sangat bagus untuk penderita diabetes.

Konsumsi buah apel juga dapat mencegah pikun karena kandungan quercetin yang ada dalam buah ini mampu melindungi otak dari serangan radikal bebas. Kandungan zat besi dan buah apel dapat memacu peningkatan hemoglobin yang dapat mengatasi penyakit anemia.

Baca Juga:  Alpukat Probolinggo Siap Menembus Pasar Global

Kandungan kalium dan enzim pada buah ini juga mampu meredakan kelelahan akibat aktivitas dan kerja yang berlebihan dan mampu mengurangi asam laktat dalam tubuh.

Kandungan nutrisi pada buah ini dapat mengobati rematik dan juga bisa menghilangkan jerawat pada wajah dan tubuh. Selain itu, bisa mengobati penyakit asma. Kandungan asetilkolinnya bermanfaat mencerdaskan otak.

Loading...