Manfaat Kulit Kentang Baik untuk Kesehatan Lho


Pertanianku — Pernahkah Anda perhatikan, kebanyakan rumah makan menyajikan masakan kentang yang kulitya tidak kupas? Itu dilakukan karena ternyata manfaat kulit kentang sangat baik untuk kesehatan.

manfaat kulit kentang
Foto: Pixabay

Selain itu, hal tersebut juga dilakukan agar kandungan vitamin B, vitamin C, zat besi, kalsium, kalium, zinc, mangan, vitamin B6, folat, dan nutrisi lainnya yang terkandung pada kulit kentang tidak terbuang sia-sia.

Kentang adalah jenis umbi-umbian yang sering diolah menjadi berbagai jenis makanan. Dalam pengolahannya, sering kali kulit kentang dikupas lalu dibuang begitu saja. Padahal, tanpa kita ketahui, kulit kentang ternyata mengandung banyak nutrisi.

Karena itu, membuang kulit kentang saat Anda hendak mengolahnya berarti membuang sebagian nutrisi yang ada pada kentang. Berikut ini beberapa kandungan nutrisi yang akan terbuang sia-sia jika Anda mengolah kentang dengan mengupas kulitnya.

  1. Kalium

Kalium yang ada pada kulit kentang sangat baik untuk menjaga organ ginjal, jantung, sistem saraf, dan otot tubuh. Dengan mengonsumsi satu buah kentang beserta kulitnya, maka sudah bisa memenuhi setengah dari kebutuhan kalium harian Anda.

  1. Serat

Kandungan serat pada kulit kentang, yaitu sekitar 2 gram per ons. Serat ini bermanfaat untuk membuat kenyang lebih lama dan bisa melancarkan pencernaan. Maka, sangat tepat jika dikonsumsi saat program diet.

  1. Sumber vitamin C

Kulit kentang mengandung vitamin C yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh Anda dan menghindarkan dari penyakit.

  1. Mangan

Pengolahan karbohidrat, kolesterol, dan protein di tubuh memerlukan zat mangan. Nah, zat ini bisa Anda dapatkan di dalam kulit kentang. Dengan mengonsumsi kentang beserta kulitnya, maka dapat memenuhi sepertiga kebutuhan mangan harian Anda.

  1. Sumber alami folat, zinc dan zat besi

Kulit kentang mengandung folat, zinc, dan zat besi yang berguna bagi kesehatan tubuh. Folat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Zinc dapat membantu sistem pencernaan dan metabolisme tubuh, sedangkan zat besi dapat membantu pembentukan hemoglobin.

Baca Juga:  Ini Dia Jenis Kacang yang Ampuh Atasi Hipertensi

Jadi, kulit kentang tidak berbahaya jika dimakan. Mulai sekarang Anda bisa mengolah berbagai masakan dari kentang tanpa dikupas kulitnya. Namun, pastikan Anda mencucinya sampai benar-benar bersih.