Manfaat Kulit Kentang untuk Atasi Berbagai Penyakit


Pertanianku — Seringkali kita menganggap kulit kentang sebagai bagian yang tidak berguna walau sudah dimasak. Padahal, manfaat kulit kentang bisa membuat Anda takjub. Ia sangat baik untuk kesehatan kita.

manfaat kulit kentang
Foto: Shutterstock3

Di kulit kentang terdapat kandungan nutrisi yang sangat banyak. Beberapa di antaranya sumber vitamin C, vitamin B6, kalium, kaya akan serat, dan sumber mangan. Lantas, apa saja manfaat kulit kentang bagi kesehatan? Simak penjelasannya berikut ini.

  1. Menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh

Pada kulit kentang tersimpan kandungan mangan yang diperlukan tubuh, yang mana kandungan mangan ini nantinya akan bekerja sebagai pengolah protein dan kolesterol dalam tubuh. Oleh karena itu, mengonsumsi kentang bersama dengan kulitnya akan berguna untuk menurunkan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh.

  1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Mengonsumsi kulit kentang yang merupakan sumber kalium, berarti sama saja Anda memenuhi asupan kalium yang dibutuhkan oleh tubuh. Nah, bila asupan kalium yang dibutuhkan oleh tubuh sudah tercukupi, akan bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Dengan begitu, risiko terkena serangan jantung dan stroke pun bisa menurun.

  1. Mengatasi peradangan

Di dalam kulit kentang juga terdapat vitamin yang mampu mengatasi peradangan, baik itu radang usus maupun radang sistem pencernaan. Bahkan kulit kentang juga bisa dimanfaatkan untuk menangani peradangan eksternal, layaknya keseleo, bisul, dan luka memar.

  1. Menurunkan tingkat stres

Perlu Anda ketahui bahwa kandungan vitamin B6 pada kulit kentang juga mampu meredakan tingkat stres. Kandungan nutrisi tersebut nantinya akan membuat hormon adrenalin merespons tingkat stres yang tinggi agar menjadi lebih rileks sehingga dari situ akan memiliki efek menenangkan kondisi tubuh Anda.

  1. Sebagai penangkal radikal bebas

Akibat radikal bebas, tubuh pun kerap mengalami berbagai gangguan yang tak terduga. Oleh karena itu, mengonsumsi kulit kentang ini akan berperan sebagai penangkal radikal bebas. Kandungan vitamin C di dalamnya akan menjadi anti-oksidan yang cukup kuat agar tubuh terhindar dari serangan radikal bebas.

  1. Makanan sehat untuk penderita diabetes
Baca Juga:  Segudang Manfaat Kacang Pinus yang Menakjubkan

Kulit kentang juga termasuk makanan yang baik bagi para penderita diabetes. Kandungan serat alami dan rendah kalori pada kulit kentang, juga akan memberikan efek mengenyangkan.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Demi meningkatnya kinerja sistem kardiovaskular dalam tubuh, Anda bisa mengonsumsi kulit kentang sebagai solusi alaminya. Kandungan vitamin B6 yang terkandung di dalamnya akan menunjang daya imunitas tubuh bisa bekerja dengan baik dan maksimal.