Manfaat Kunyit Putih Bagi Kesehatan


Pertanianku — Kunyit putih atau dikenal dengan nama white turmeric, atau zedoary (Curcuma zedoaria) dipercaya mampu mengobati berbagai jenis penyakit. Beberapa manfaat kunyit putih termasuk obat analgesik atau antinyeri, antialergi, obat tukak lambung, antiracun (penawar terhadap bisa ular), dan antiradang.

manfaat kunyit putih
Foto: Google Image by Natural Health Regulator

Walaupun masih terus diteliti, kunyit putih dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan sebagai berikut.

  1. Antibakteri dan antijamur

Kunyit putih dipercaya dapat mengurangi jumlah mikroba di mulut. Efektivitasnya sama dengan produk obat kumur di pasaran. Selain itu, ekstrak dari kunyit putih juga diyakini dapat menghambat aktivitas jamur pada tubuh manusia.

  1. Antinyeri

Kunyit putih ternyata diyakini juga bisa dijadikan sebagai analgesik atau obat untuk menghilangkan rasa sakit. Namun, efek analgesik ini tergantung pada besarnya dosis yang digunakan.

  1. Obat tukak lambung

Tepung dari akar kunyit putih dipercaya dapat mengurangi jumlah dan keasaman cairan lambung sehingga dapat digunakan sebagai obat tukak lambung. Namun, manfaat ini masih memerlukan penelitian klinis lebih lanjut pada manusia.

  1. Antiracun

Ekstrak kunyit putih juga diyakini menjadi antiracun atau penawar bisa ular. Hal tersebut bisa terjadi karena kunyit putih dapat menghambat aktivitas dari racun ular.

  1. Antiradang

Tanaman ini juga dipercaya dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi peradangan atau pembengkakan.

  1. Antikanker

Kunyit putih diyakini dapat membantu proses penyembuhan penyakit kanker karena mengandung senyawa ethyl pmethocyvinnatate, kurkuminoid, bisdemothxycurcumin, demothxycurcumin, dan flavonoid. Hanya saja efektivitas kunyit putih dalam mengatasi penyakit kanker masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

  1. Anti-oksidan

Minyak esensial dari kunyit putih dipercaya dapat mengurangi dampak dari radikal bebas tertentu. Selain berbagai manfaat di atas, kunyit putih juga diyakini bermanfaat untuk pengobatan gejala arthritis, asma, antirematik, dan obat diuretik.

Baca Juga:  Cuaca Tidak Menentu, Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Makanan Ini