Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Ternak

Pertanianku — Sudah bukan rahasia kunyit adalah rempah-rempah yang memiliki sejuta khasiat untuk kesehatan. Namun, ternyata bukan hanya untuk manusia, manfaat kunyit juga bisa dirasakan oleh ternak. Banyak peternak kambing yang menggunakan rempah-rempah seperti kunyit untuk menjaga kesehatan ternak ruminansia atau menjadi pakan tambahan.

manfaat kunyit
foto: pertanianku

Kunyit disebut juga sering disebut loloh yang sering digunakan untuk membuat jamu herbal untuk ternak. Jamu yang terbuat dari kunyit berfungsi untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan kambing serta meningkatkan kinerja organ pencernaan ternak.

Kunyit merupakan rempah yang sangat mudah ditemui di Indonesia. Hal ini karena tanaman tersebut bisa tumbuh subur di Indonesia sehingga harga kunyit terjangkau.

Loading...

Kunyit bekerja di dalam tubuh kambing dengan cara merangsang dinding kantong empedu mengeluarkan cairan empedu dan merangsang getah pankreas yang mengandung enzim amilase, lipase, dan protease. Kehadiran enzim-enzim tersebut berguna untuk membantu organ pencernaan untuk menyerap bahan pakan yang mengandung karbohidrat, protein, dan lemak.

Untuk merasakan manfaat kunyit, peternak harus mengolah kunyit menjadi jamu herbal agar memudahkan kambing mengonsumsinya. Biasanya, kunyit dibuat menjadi butiran seberat 3 gram terlebih dahulu agar bisa disimpan lebih lama.

Butiran kunyit tersebut diberikan kepada kambing sebanyak 10 butir seiap minggu. Untuk memudahkan ternak menelan butiran kunyit tersebut, Anda bisa membungkus butiran jamu kunyit dengan kulit jagung muda dan dicampur dengan pakan.

Penggunaan kunyit sebagai jamu untuk ternak, khususnya untuk kambing ditemukan oleh peneliti Ir. Sasongko Wijoseno R, M.Sc, peneliti di BPTP Nusa Tenggara Barat. Tentunya, khasiat kunyit untuk kambing ditemukan melalui penelitian panjang yang sudah dilakukan di BPTP Nusa Tenggara Barat.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan, bahwa sapi bali yang berumur kurang dari satu tahun yang diberikan jamu loloh atau kunyit mengalami lonjakan kenaikan bobot sebesar 0,469 kg per hari. Sementara itu, jika tanpa diberikan jamu loloh, kenaikan berat badan yang terjadi hanya sekitar 0,309 kg per hari.

Baca Juga:  Cara Menyembuhkan Jerawat dengan Daun Pepaya Tua

Hal tersebut juga terjadi pada domba, pemberian jamu kunyit bisa mendongkrak berat badan hingga 4—5 kg per bulan. Jika tanpa pemberian kunyit, domba hanya mengalami kenaikan berat badan sebesar 2—3 kg per bulan.

Loading...
Loading...