Manfaat Kurma yang Wajib Anda Ketahui

Pertanianku — Kurma berasal dari Teluk Persia dan sudah sejak lama dikembangkan di negara-ngeara Arab. Buah yang sering muncul pada bulan puasa dan musim haji ternyata memiliki banyak manfaat yang belum banyak diketahui oleh orang. Manfaat kurma yang paling diketahui adalah mampu memberikan stamina pada tubuh sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi saat buka puasa.

manfaat kurma
foto: pertanianku

Masih ada banyak manfaat kurma yang wajib Anda ketahui, simak ulasan berikut di bawah ini.

Menghindari risiko akibat radikal bebas

Loading...

Tak dimungkiri, jika aktivitas di luar ruangan dapat berisiko terpapar radikal bebas yang cukup besar sehingga menurunkan daya tahan tubuh dan Anda jadi lebih sensitif terhadap penyakit. Berdasarkan penelitian, buah kurma kaya akan anti-oksidan dan senyawa antikanker.

Ekstrak kurma juga terbukti mampu mencegah kerusakan yang terjadi pada lemak dan protein akibat serbuan radikal bebas. Kurma mampu melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh zat kimia penyebab kanker.

Manfaat kulit kurma

Tak hanya daging buah yang bermanfaat, jika Anda mengonsumsi buah kurma beserta dengan kulitnya dapat berkhasiat untuk melancarkan pencernaan dan mencegah perdagangan usus.

Memperkuat rahim

Jus kurma dapat memperkuat urat-urat rahim sehingga memperkuat organ rahim dan proses melahirkan menjadi lebih mudah. Kurma pun mampu mengurangi pendarahan yang terjadi ketika proses melahirkan. Bahkan, kurma dapat menjadi sumber energi bagi ibu hamil.

Menjaga kesehatan kulit

Perempuan Arab memercayai bahwa kurma dapat menghaluskan kulit karena mengandung vitamin A yang mampu menjaga kesehatan dan membran kulit. Bahkan, terapi kecantikan dengan kurma sudah dikenal di negara-negara Barat. Kurma sudah terbukti dapat menghilangkan kerutan pada permukaan wajah hingga 8,52 persen.

Penyembuh demam berdarah

Baca Juga:  Teknik Pelukaan untuk Merangsang Pembuahan

Berdasarkan hasil penelitian, kurma mampu mempercepat penyembuhan demam berdarah. Anda hanya perlu mengonsumsi sari kurma sebanyak 500 ml per hari yang mampu meningkatkan jumlah trombosit sehinga mempercepat proses penyembuhan.

Menambahkan kuantitas ASI

Kurma sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui karena dapat menambah kuantitas air susu. Selain itu, kurma berperan dalam pembentukan darah dan sumsum tulang bayi.

 

 

Loading...
Loading...