Manfaat Lempuyang untuk Atasi Berbagai Masalah Kesehatan


Pertanianku — Lempuyang atau Zingiber sp. merupakan rimpang yang sangat berkhasiat dan baik untuk kesehatan. Tanaman herbal ini bisa dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai penyakit. Manfaat lempuyang bahkan sudah dipercaya sejak ribuan tahun lalu.

manfaat lempuyang
Foto: Google Image

Lantas, apa sajakah manfaat lempuyang untuk kesehatan? Berikut ini akan diulas mengenai manfaat yang bisa Anda dapatkan dari rempah lempuyang.

  1. Melangsingkan tubuh

Tahukah Anda? Lempuyang bisa membantu Anda dalam menurunkan berat badan dan menjadikan tubuh Anda langsing dengan cara yang sehat. Hal itu karena memiliki kandungan yang mampu melancarkan metabolisme di dalam tubuh sehingga pembakaran lemak di dalam tubuh lebih optimal.

  1. Melawan kanker

Riset menunjukkan jika zat zerumbon memiliki sifat antitumor. Dimana zat tersebut mampu menekan pertumbuhan dan perkembangan sel-sel abnormal pemicu kanker. Nah, kandungan ini terdapat pada lempuyang yang membuatnya semakin berkhasiat.

  1. Mengatasi demam

Tidak perlu panik ketika si kecil panas atau demam. Suhu tubuh yang meningkat memang bisa memicu kejang terutama pada anak. Oleh karena itu, harus ditangani secepat mungkin. Zat zerumbon yang terkandung di dalam lempuyang bersifat antikejang dan mampu menurunkan panas. Maka, manfaatkan saja rempah tersebut untuk menurunkan panas atau demam si buah hati.

  1. Mengobati wasir

Penyakit wasir atau ambeien harus ditangani dengan segera. Wasir biasanya disebabkan oleh pola makan yang buruk, terutama kekurangan asupan serat. Untuk mengobatinya, Anda bisa meramu obat alami. Dengan cara memarut akar lempuyang, kemudian tambahkan 2 sdm air dan garam. Setelah itu, peras dan minum 2 kali sehari sebanyak 1 sdm.

  1. Mengobati batuk rejan

Manfaat lempuyang selanjutnya adalah untuk mengobati batuk rejan yang menyiksa. Tidak hanya mengganggu aktivitas sehari-hari, batuk jenis ini juga menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Untuk mengobatinya, Anda bisa menggunakan ramuan tradisional. Caranya, siapkan bawang merah yang dipanggang, lempuyang, dan kayu manis. Tumbuk semua bahan, peras sampai airnya keluar. Minum ramuan ini secara rutin sampai batuk mereda dan sembuh.

  1. Mengatasi tekanan darah rendah
Baca Juga:  Prospek Cerah Bisnis Minyak Cengkih

Hipotensi bisa menyebabkan penderitanya merasa lemas, pusing, dan penglihatan kabur hingga akhirnya pingsan. Untuk mengobatinya, gunakan lempuyang yang diparut, lalu campurkan sedikit gula merah dan air, rebus dan minum 3 kali sehari dengan takaran 1 sdm.

  1. Meredakan nyeri karena rematik

Linu dan nyeri karena radang sendi ataupun rematik sangat menyiksa penderitanya. Untuk mengatasinya, gunakan lempuyang dengan tambahan bahan cabai jawa dan nasi kering. Tumbuk semua bahan dan oleskan ke area yang sakit.

loading...
loading...