Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan Ini Luar Biasa


Pertanianku — Lengkuas sering dikenal sebagai laos oleh orang Jawa, dan disebut lengkoye oleh orang Malaysia, dan orang Sunda menyebutnya laja. Manfaat lengkuas untuk kesehatan sudah tidak diragukan lagi. Tanaman ini sering digunakan sebagai obat herbal alami untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan.

manfaat lengkuas untuk kesehatan
Google Image

Tidak sulit untuk mendapatkan tanaman ini karena mereka tumbuh lebat dan bergerombol. Hampir di seluruh lahan penjuru Indonesia bisa digunakan untuk membudidayakan tanaman lengkuas. Di Indonesia sendiri ada banyak spesies yang tumbuh seperti lengkuas merah dan lengkuas putih. Lengkuas merah inilah yang sering digunakan untuk bahan obat herbal tradisional.

Manfaat yang paling menarik dari lengkuas adalah sebagai antikanker. Beberapa di antaranya seperti kanker lambung, leukemia, melanoma, kanker pankreas, kanker usus besar, kanker payudara, dan kanker hati. Selain itu, berikut ini beberapa manfaat lainnya dari rempah masakan ini.

  1. Bertindak sebagai agen anti-inflamasi

Kebanyakan penyakit terjadi karena adanya peradangan. Ini berarti bahwa peradangan kronis dikaitkan dengan perkembangan sejumlah besar penyakit, termasuk kanker, penyakit jantung, penyakit Alzheimer, dan beberapa lainnya. Pada umumnya, akar lengkuas menunjukkan efek anti-inflamasi pada tubuh.

  1. Antibakteri dan anticular

Ekstrak lengkuas memiliki efek antimikroba pada beberapa bakteri yang diketahui menginfeksi makanan, termasuk staphylococcus, E. coli, listeria, salmonella, dan clostridium.

Memasak kerang dengan ramuan ini, Anda mungkin juga memiliki kesempatan yang lebih baik untuk mencegah efek bakteri yang dikenal sebagai vibrio. Vibriosis dapat memengaruhi orang yang makan tiram kurang matang. Namun, efeknya mungkin lebih kecil kemungkinannya setelah menambahkan lengkuas pada masakan itu.

  1. Antioksidan tinggi

Seperti kita ketahui, mengonsumsi blueberry membantu kita meningkatkan asupan anti-oksidan sehari-hari. Menariknya, anti-oksidan dalam ramuan dari lengkuas ini tampaknya paling efektif dalam mengawetkan produk daging untuk jangka waktu yang lebih lama.

  1. Mendukung kesehatan otak
Baca Juga:  Atasi Penyakit Kulit dengan Lengkuas

Sebagian karena sifat anti-inflamasinya, senyawa yang diambil dari akar ini yang dikenal sebagai ACA mungkin memiliki efek perlindungan otak. Salah satunya, mengurangi beberapa bentuk degenerasi kognitif terkait usia.

  1. Mengatasi sakit perut dan masalah pencernaan

Dalam pengobatan Ayurvedic dan budaya Asia lainnya, lengkuas digunakan untuk menenangkan perut yang sakit. Selain itu, ramuan lengkuas juga bisa digunakan untuk mengatasi diare, mengurangi muntah, bahkan menghentikan cegukan.

loading...
loading...