Manfaat Lobak Ternyata Sangat Baik sebagai Teman Diet


Pertanianku — Pertama kali dikembangkan di Tiongkok, lobak kemudian berkembang hingga ke Eropa dan kini telah tersebar di berbagai belahan dunia. Manfaat lobak ternyata tak hanya dapat digunakan sebagai bahan masakan, tapi juga sebagai bahan obat dan mengandung manfaat lain.

Manfaat lobak
Foto: Dok. Pertanianku

Apa saja spesialisasi dari lobak?

Begitu banyak manfaat yang bisa didapatkan dari konsumsi lobak berkat nutrisinya yang berlimpah. Selain itu, masih ada pemanfaatan dari pengolahan lobak untuk keuntungan industri pertanian, pencegahan penyakit, dan teknologi.

Dalam tiap 100 gram lobak terkandung 16 kcal energi, 3,4 gram karbohidrat dan 0,1 gram lemak. Lobak turut mengandung banyak vitamin serta mineral antara lain vitamin B1, B2, B6, B9, vitamin C, kalsium, magnesium, mangan, zat besi, fosfor, fluoride, dan potasium.

Daun lobak ada kalanya juga digunakan pada menu-menu seperti sup ataupun masakan tumis. Sebagian orang menggunakannya sebagai campuran jus juga.

Akar lobak biasa digunakan masyarakat sebagai bahan obat-obatan untuk menangani peradangan pada mulut dan tenggorokan, gangguan pada perut dan usus, saluran empedu, infeksi, demam, batuk, bronkitis, dan kelebihan lendir pada saluran pernapasan. Sayangnya, masih dibutuhkan berbagai penelitian ilmiah untuk membuktikan kegunaan-kegunaan tersebut.

Akar lobak kemungkinan dapat memerangi bakteri dalam tubuh dan merangsang pencernaan serta alur saluran empedu. Biji lobak yang terasa pedas dan renyah kadang digunakan sebagai paduan sajian salad.

Bagi anak-anak, lobak bisa menjadi sayuran yang tepat sebagai bahan percobaan penanaman tumbuhan bagi anak-anak.

Di dalam dunia pertanian, bau lobak yang menyengat dan tidak disukai serangga efektif dijadikan sebagai tanaman pendamping tanaman utama. Selain itu, lobak juga membantu mencegah erosi dan menyuburkan tanah.

Biji lobak mengandung lebih dari 48 persen minyak yang dapat diproses menjadi biofuel, yaitu bahan bakar yang dihasilkan dari tumbuhan. Biofuel merupakan alternatif bahan bakar minyak.

Baca Juga:  Teknik Sederhana Budidaya Bengkoang untuk Pemula