Manfaat Luar Biasa dari Temulawak


Pertanianku — Temulawak adalah salah satu rempah yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Biasanya, temulawak digunakan sebagai jamu untuk anak-anak agar memiliki nafsu makan yang baik. Namun ternyata, manfaat luar biasa dari temulawak tak hanya sebagai penambah nafsu makan.

manfaat luar biasa dari temulawak
Foto: Pertanianku

Temulawak atau yang memiliki nama Latin Curcuma xanthorhiza roxb adalah rempah yang memiliki segudang nutrisi baik untuk kesehatan tubuh. Selain sebagai penambah nafsu makan, rempah satu ini memiliki beragam manfaat luar biasa untuk kesehatan. Berikut beberapa manfaat kesehatan yang diberikan oleh rempah yang banyak ditemui di Indonesia ini.

  1. Mengobati sakit kepala dan masuk angin

Kandungan nutrisi yang ada dalam rempah temulawak dipercaya sangat baik untuk mengobati sakit kepala ataupun masuk angin. Minum 2 sampai 3 gelas jamu temulawak dipercaya dapat meredakan sakit kepala. Selain itu, tubuh pun kembali sehat dan bugar.

  1. Mengatasi gangguan pencernaan

Beberapa masalah atau gangguan pencernaan seperti perut kembung, diare, dyspepsia, dan indisgestion bisa diatasi dengan mengonsumsi temulawak secara teratur. Pada 2006, Clinical Gastroenterology and Hepatology mengatakan bahwa beberapa pasiennya yang mengalami masalah pencernaan, kondisinya semakin membaik sejak pasien tersebut mengonsumsi jamu temulawak secara teratur.

  1. Meredakan sakit perut saat menstruasi

Saat tiba masa menstruasi, tak jarang seorang wanita mengalami nyeri di perutnya bahkan rasa sakit itu mengganggu aktivitasnya. Agar rasa sakit tersebut reda, disarankan agar minum jamu temulawak. Nutrisi yang ada pada temulawak bersifat dingin sehingga bisa meredakan nyeri akibat menstruasi.

  1. Mengobati kanker

Dalam sebuah jurnal ilmiah berjudul The Prostate, temulawak bahkan dikatakan sebagai rempah yang efektif mengobati penyakit kanker. Kanker yang bisa diobati dengan memanfaatkan temulawak antara lain kanker payudara, kanker usus, dan prostat.

Baca Juga:  Atasi Kanker Serviks dengan Tanaman Herbal

Beberapa studi yang dilakukan di The University of Maryland Medical Center itu menyebutkan bahwa kandungan nutrisi temulawak bisa membunuh pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Nah, itulah beberapa manfaat luar biasa yang diberikan temulawak untuk kesehatan. Selain manfaat di atas, temulawak dikatakan juga sebagai salah satu rempah yang sangat baik untuk mengobati sakit maag, asma, ginjal, dan sakit pinggang.