Manfaat Luar Biasa Daun Afrika Bagi Kesehatan


Pertanianku Daun afrika atau Vernonia amygdalina merupakan tanaman herbal yang berasal dari bagian barat Afrika. Dirangkum dari berbagai studi, daun Vernonia amygdalina termasuk sumber protein, serat (jenis tidak larut air), dan lemak sehat yang cukup tinggi.

Daun afrika
Foto: Google Image

Tanaman herbal ini juga diperkaya oleh sejumlah mineral penting lainnya seperti zink, kalsium, magnesium, kalium, zat besi, dan natrium. Daun afrika juga mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan vitamin B kompleks yang dapat membantu mencukupi kebutuhan harian tubuh. Berikut ini manfaat daun afrika untuk kesehatan yang belum diketahui banyak orang.

  1. Menurunkan kolesterol

Menurut Journal of Vascular Health and Risk Management, daun afrika dipercaya dapat mengurangi kadar kolesterol jahat LDL dalam darah hingga 50 persen dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Walaupun sejauh ini memang belum ada bukti penelitian kuat terkait manfaat daun afrika untuk menurunkan kolesterol pada manusia.

Peningkatkan kolesterol LDL adalah faktor risiko terbesar dari serangan jantung, stroke, dan penyakit Alzheimer. Sementara itu, kadar kolesterol baik HDL justru membantu memelihara kesehatan jantung dan fungsi tubuh lainnya.

  1. Membantu pengobatan kanker

Ekstrak daun afrika terbukti bisa menurunkan kadar estrogen berlebih dalam darah yang terkait dengan peningkatan risiko kanker payudara. Karena itu, daun afrika dipercaya bisa membantu mengurangi risiko kanker payudara. Temuan ini juga menunjukkan bahwa daun afrika bisa membantu pemulihan selama pengobatan kanker payudara.

  1. Meredakan gejala demam malaria

Jus daun afrika telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati demam malaria. Dalam sebuah percobaan klinis di Afrika, sari daun afrika segar terbukti 67% efektif dalam meredakan demam dan malaria ringan. Namun, Anda tidak bisa hanya mengandalkan daun ini untuk menyembuhkan malaria. Anda tetap memerlukan perawatan dari dokter.

  1. Mengandung anti-oksidan
Baca Juga:  Mengenal Moringa, si Pohon Ajaib yang Kaya Manfaat

Vernonia amygdalina termasuk tanaman yang mengandung anti-oksidan tinggi. Anti-oksidan membantu mengurangi risiko Anda terhadap kanker, penyakit jantung, stroke, penuaan, diabetes, artritis, fibromyalgia, parkinson, alzheimer, penyakit autoimun, dan penyakit generatif lainnya.

  1. Membantu pengobatan diabetes

Di wilayah habitat asalnya, daun afrika banyak digunakan untuk pengobatan diabetes alternatif disamping terapi medis utama. Ekstrak daun ini mengandung zat aktif seperti saponin, tanin, flavonoid, alkaloid, dan polifenol yang berguna untuk menurunkan glukosa darah setelah makan. Ekstrak ethanol yang ada dalam daun afrika juga dapat mengurangi kadar gula darah secara keseluruhan.

loading...
loading...